ADZKIA SUPER CAMP

Membentuk Generasi yang Kuat Jiwa dan Raga





Generasi muda adalah mata rantai paling utama yang menghubungkan masa sekarang dan masa lampau dengan masa depan. Ditangan pemuda hari inilah terletak segala tumpuan dan harapan bangsa di masa yang akan datang. Maka sebagai aset paling potensial yang berharga, generasi muda perlu dibekali dengan segala potensi akal, moral serta berbagai keterampilan yang akan dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan yang akan menjelang. Sudah seharusnya para pemuda masa ini disiapkan agar mempunyai kemandirian, kemampuan beradaptsi dan dapat berpartisipasi dalam memberikan sumbangan positif dari berbagai pengalaman hidupnya.



Kemandirian adalah salah satu sikap yang diperoleh secara berkesinambungan selama masa perkembangan seseorang, dimana ia akan terus belajar untuk bersikap mandiri dalam menghadapi berbagai situasi di lingkungannya, sehingga pada akhirnya akan mampu berpikir, bertindak hingga menghadapinya dengan jiwa dan raga yang kuat. Dengan kemandirian yang dimilikinya seseorang akan dapat memilih jalan hidupnya untuk dapat berkembang dengan lebih mantap.

Berkaitan dengan proses pembentukan karakter kemandirian bagi anak, maka aspek mental, spiritual, intelektual, fisik dan psikisnya harus diperhatikan. Faktor pengaruh lingkungan terhadap perkembangan anak merupakan hal yang sangat berperan, termasuk lingkungan sekolah, sebagai salah satu tempat yang memungkinkan terjadinya respon dan stimulus dalam perkembangan anak serta kegiatan apa yang anak tersebut lakukan dalam serangkaian proses belajar mengajar. Adzkia Super Camp, adalah salah satu program kesiswaan SIT Adzkia yang diharapkan mampu membuat para siswa/siswinya menjadi lebih percaya diri, meningkatkan kedisipilinan dan kemandirian, serta mampu membangun kerjasama melalui interaksi antar anggota kelompoknya.



Adzkia Super Camp merupakan salah satu program unggulan yang secara rutin selalu dilaksanakan di unit SDIT dan SMPIT di setiap tahunnya. Seiring dengan kondisi pandemi yang cukup membaik, alhamdulillah pada tahun ini SIT Adzkia telah kembali menggelar pelaksanaan Adzkia Super Camp yang telah dilaksanakan pada akhir bulan februari lalu yang diikuti oleh siswa/siswi kelas 8 SMPIT bertempat di sekitar kawasan Situ Gunung dan pada tanggal 18-19 Maret lalu yang diikuti oleh siswa/siswi kelas 4 SDIT Adzkia yang bertempat di setiap unit sekolah.



Dalam serangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut, seluruh peserta dibekali berbagai keterampilan yang mengasah sikap kemandiriannya melalui berbagai agenda yang telah disiapkan, seperti berdisiplin mengikuti apel pembukaan, kegiatan kepramukaan, perlombaan memasak, memecahkan masalah dan teka-teki melalui kegiatan keliling pos malam, serta mencari jejak dan Outbond di sekitar area perkemahan. Selain itu, setiap siswa juga dibekali dengan berbagai agenda keagamaan seperti shalat berjama’ah, tahajud dan tilawah bersama juga diasah keterampilan dan kreativitasnya melalui berbagai agenda perlombaan yang dilaksanakan selama rangkaian Adzkia Super Camp tersebut.



Alhamdulillah, berbekal kesungguhan dan kerja keras tim panitia, ananda shalih shalihah yang menjadi peserta serta dukungan ayah dan bunda kegiatan Adzkia Super Camp dapat kembali terlaksana dengan aman, lancar serta penuh keseruan. Semoga setelah mengikuti rangkaian agenda Adzkia Super Camp ini, ananda shalih shalihah dapat memiliki berbagai keterampilan, kemandirian serta jiwa dan raga yang lebih tangguh dan kuat dalam menghadapi berbagai tantangan yang akan datang dalam perjalanan kehidupannya.

Jazakumullahu khiairan kami ucapkan kepada semua pihak yang telah terlibat dan mendukung, sehingga agenda ini dapat terlaksana dengan penuh kebahagiaan dan kebermanfaatan. Semoga Allah senantiasa memberikan balasan terbaik bagi kita semua, aamiin allahumma aamiin.

Sampai jumpa kembali di Adzkia Super Camp tahun selanjutnya shalih shalihah :)

-Written by U.K-



31 views

Recent Posts

See All