top of page

AGAR CAPEKMU TIDAK SIA-SIA


Agar capekmu tidak sia-sia, yuk lakukan lima hal ini.

Assalamu'alaikum waramatullah wabarakatuh. Sahabat Adzkia, ketika menginginkan sesuatu tentunya kita akan berusaha sekuat tenaga agar yang diinginkan dapat tercapai. Namun tak jarang ketika berusaha mencapainya, kita merasa capek dan kelelahan, bahkan mungkin ada yang berpikir untuk menyerah. Merasa capek merupakan suatu hal yang wajar, jadi tidak apa jika mengambil waktu agar dapat beristirahat untuk kemudian bangkit dan melanjutkan mengejar apa yang ingin dicapai.


Agar rasa lelah tersebut tidak sia-sia, mari lakukan 5 hal ini.


1. Niatkan segala aktifitas yang dilakukan demi mengharap ridho Allah


Jika tujuannya adalah ridho Allah, kita akan terhindar dari rasa kecewa, bahkan bisa jadi aktivitas sehari-hari kita akan bernilai pahala.


2. Tidak mengharap pujian dari manusia atas keberhasilan yang didapatkan


Mendapatkan pujian dari manusia memang membahagiakan, namun jangan sampai pujian tersebut menjadi tujuan utama kita dalam melakukan sesuatu. Jika pujian menjadi tujuan utama, maka persiapkan diri untuk merasa kecewa manakala tidak ada yang memuji setelah semua usaha yang dilakukan.


3. Berusaha dengan maksimal dan melihat kemampuan diri


Berusaha maksimal bukan berarti tidak boleh istirahat. Allah menciptakan malam agar manusia bisa beristirahat. Kita juga harus sadar bahwa manusia memiliki keterbatasan dan tidak semua hal yang diusahakan akan selalu berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.


4. Bertawakal kepada Allah


Setelah berikhtiar maksimal, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah bertawakal, berpasrah diri kepada Allah. Bertawakal adalah bukti kita percaya bahwa rencanaNya adalah yang terindah.


5. Mengelola waktu dengan bijak


Ketika berusaha mencapai apa yang diinginkan, manajemen waktu merupakan salah satu kunci penting dalam meraih keberhasilan, karena mengerti skala prioritas sehingga tidak ada yang terabaikan. Termasuk menyiapkan waktu untuk menjaga hubungan antar manusia, dan hubungan dengan Sang Pencipta.


Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan agar apa yang kita lakukan tidak sia-sia dan bernilai pahala di sisi Allah SWT.


Adzkia Sekolah Kehidupanku, Berkarakter Qur'ani

Recent Posts

See All
bottom of page