top of page

Banyak jalan menuju weekend seru di rumah!



Weekend atau akhir pekan pasti sangatlah ditunggu-tunggu oleh Ayah-Bunda, selain bisa melepas lelah, juga menjadi waktu untuk berkumpul bersama keluarga.


Tapi, jangan jadikan akhir pekan Ayah-Bunda berlalu begitu saja didepan TV atau gadget ya! Pastikan akhir pekan Ayah-Bunda bertema sehingga bisa bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga, khususnya Ananda.


Sudah ada ide untuk akhir pekan ini Ayah-Bunda? Jika belum, berikut inspirasi aktivitas di akhir pekan yang mudah dan hemat :P.




  1. Memasak

Banyak Ayah-Bunda yang ribet, tidak suka mengajak Ananda ke dapur karena takut dapur kotor, masakan jadi kacau atau proses memasak jadi lambat. Padahal Memasak memiliki banyak manfaat bagi anak lho, Bun. Diantaranya:


  1. Merangsang perkembangan motorik anak,

  2. Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak,

  3. Mengasah keterampilan berhitung dan science anak.

  4. Memupuk rasa kemandirian dan tanggung jawab.

  5. Merangsang anak dalam berimajinasi.

  6. Menambah bonding atau Ikatan dan keakraban dalam keluarga.


Ya, membiasakan melibatkan anak pada aktivitas memasak dapat memupuk rasa kemandirian dan tanggung jawab. Memasak juga dikategorikan sebagai kegiatan yang melibatkan otak kanan, sehingga akan merangsang anak dalam berimajinasi dalam membuat masakan.




Ayah dan bunda juga bisa memodifikasi resep sesuai dengan kemampuan ananda. Jangan lupa untuk melibatkan anada sesuai kapasitas dan usianya, ya. Berikut kami berikan juga referensi resep untuk kegiatan memasak bersama ananda:

  • TK : Roti bakar, es buah warna-warni, jasuke (jagung susu keju).

  • SD : bola-bola regal, pudding, pizza roti

  • SMP : brownies oreo, tumis-tumisan, jus buah.

  • SMA : Sup ayam, kue kering, goreng ikan.


Ketika Ayah-Bunda dan Ananda memasak bersama, maka ikatan atau keakraban dalam keluarga dapat bertambah



Pendaftaran Siswa Baru SIT Adzkia Gel.2 hingga 6 Maret 2021, Daftar Sekarang!.




2. Berkebun

Berkebun tidak perlu memerlukan tanah yang luas ya Ayah-Bunda, memakai pot saja sudah cukup untuk mengajarkan anak berkebun. Cukup membeli beberapa benih bunga atau sayuran yang bisa ditanam dalam pot, seperti kacang hijau, bunga lily, kembang sepatu, lidah buaya, bawang-bawangan, paprika dan lain sebagainya.


Pilihlah tanaman yang cepat tumbuh dan dapat tumbuh di dalam pot. Sehingga anak dapat cepat melihat hasil berkebun mereka. Harga benih sayuran dan pot kecil sangat murah dipasaran, sehingga kegiatan ini selain bermanfaat, mudah juga hemat ya Ayah-Bunda :D.





Selain mengajarkan tentang tumbuhan, berkebun juga memiliki dampak positif pada anak, lho. Adzkia merangkum berbagai macam manfaat berkebun dengan anak, diantaranya :

  1. Mengajarkan anak asal dari sayuran yang suka dimakan

  2. Mengajarkan anak pengetahuan hayati

  3. Melatih perkembangan sensorik anak

  4. Mengajarkan kepedulian terhadap lingkungan

  5. Mengajarkan kesabaran dan tanggung jawab

  6. Mendapatkan tambahan vitamin D yang cukup dari sinar matahari, jika kegiatan dilakukan di luar ruangan.

Berkebun juga berarti mengajarkan tanggung jawab ya, Ayah dan Bunda. Jadi jangan lupa selalu ingatkan ananda untuk rajin merawat tanaman dengan rajin menyiram dan memberikan pupuk atau vitamin lainnya sesuai kebutuhan secara rutin.


Nah itu tadi tips kegiatan yang bisa Ayah-Bunda coba dirumah, kegiatan ini bisa dilakukan bersama Ananda mulai dari usia TK hingga SMA.


Apa Ayah-Bunda punya cara masing-masing untuk menghabiskan akhir pekan? Share di kolom komentar yuk!


Selamat berakhir pekan, Ayah-Bunda dan Sholih-Sholihah!.



SIT Adzkia

Sekolah Kehidupanku, Berkarakter Qur'ani

Instagram : @sitadzkia

WhatsApp : +62 857-9792-9820


Pendaftaran Siswa Baru SIT Adzkia Gel.2 hingga 6 Maret 2021, Daftar Sekarang!.


9 views

Recent Posts

See All

TEBAR KEBAHAGIAAN SAMBUT RAMADAN

Semarak kebahagiaan menyambut Ramadan menyelimuti SIT Adzkia. Seluruh civitas akademika, mulai dari siswa, guru, hingga staf, menunjukkan semangat dan suka cita dalam menyambut Ramadan melalui kegiata

bottom of page