Dauroh Aqil Baligh SDIT Adzkia : Persiapkan Sebaik-baik Masa Aqil Balighmu


Tahukah shalih shalihah bahwa dibalik keberhasilan Rasulullah saw dalam menyebar luaskan islam terdapat peran dari anak-anak mudanya yang sangat luar biasa. Siapa yang tidak mengenal sosok Ali bin Abi Thalib, Arqam bin Arqam, Zaid bin Tsabit atau sang legenda Muhammad Al Fatih ? mereka semua adalah cerminan sosok anak muda yang dengan kemuliaan akhlaknya mampu membawa perubahan besar pada sejarah peradaban dunia.


Keberhasilan sosok-sosok pemuda islam tersebut tentu bukan dengan proses instan yang tanpa persiapan panjang. Tahukah ayah bunda dan shalih shalihah bahwa keberhasilan mereka adalah buah dari ketulusan dan kesungguhan orang tuanya dalam membentuk mulianya akhlak anak-anaknya. Hal tersebut lahir dari proses pertumbuhan yang jauh dari kenyamanan yang melenakan.


Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa hakikatnya manusia itu adalah makhluk yang terus bertumbuh menuju kematangan dan kedewasaan. Maka tentu ananda shalih shalihah juga akan tumbuh dan berkembang, kita akan melihat ananda akan selamanya dalam keadaan sosok kecil yang menggemaskan, esok hari mereka akan bertumbuh, berubah dalam pola fikir, berubah dalam cara pandang, juga akan berubah secara fisik.


Sebagai bentuk kepedulian akan proses pertumbuhan dan pendewasaan siswa-siswinya, SIT Adzkia pada selasa lalu (16/03/21), telah mengadakan webinar Dauroh Aqil Baligh yang berlangsung secara live melalui zoom meeting dan akun youtube SIT Adzkia. Kegiatan webinar yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga selesai tersebut telah diikuti oleh lebih dari 2000 peserta yang merupakan siswa-siswi grade 4, 5 dan 6 dari seluruh unit SDIT Adzkia yang tersebar di beberapa daerah.


Acara webinar yang dipandu oleh Ustadzah Heny, seorang sosok ibu yang luar biasa tangguh yang juga bertugas sebagai wakasek SDIT Adzkia 2, telah berlangsung dengan antusiasme peserta yang tinggi. Sebagian besar peserta kemudian terlihat sangat tertarik untuk menggali lebih banyak pengetahuannya mengenai masa aqil baligh yang sedang mereka alami.


Dalam webinar aqil baligh tersebut, ustadzah Yuyun Kusnawati, S.Si sebagai narasumber, dalam webinar dauroh aqil baligh ini, mengajak siswa-siswi SDIT Adzkia untuk mulai menyadari pentingnya mempersiapkan diri untuk menghadapi masa aqil baligh yang akan segera mereka jalani. Ustadzah Yuyun membuka sesi materi dengan menjelaskan bahwa fase pertumbuhan dalami sudut pandang islam berbeda dengan fase pertumbuhan menurut psikologi barat. Beliau menjelaskan bahwa dalam islam, fase pertumbuhan manusia terbagi dalam 5 tahapan penting, yaitu :

  1. Fase Bayi (0-2 tahun)

  2. Fase Anak-anak (2-7 tahun)

  3. Fase Tamyiz (7-10 tahun)

  4. Fase Aqil Baligh (10-15 tahun)

  5. Fase Taklif (15-18 tahun)


Ustadzah Yuyun kemudian memaparkan, bahwa di setiap fase pertumbuhan tersebut, terdapat hal-hal penting yang harus Ayah Bunda juga ananda shalih shalihah mulai tanamkan dan biasakan pada diri shalih shalihah, sehingga kelak tak hanya dapat fase baligh saja yang secara alamiah akan dialami oleh ananda, tetapi juga fase aqil, atau kedewasaan secara emosional yang juga datang secara bersamaan.


Kelima fase pertumbuhan dalam islam ini, dalam prosesnya bertujuan agar generasi-generasi penerus islam dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi emas yang tak hanya kuat secara jasmani, tapi juga memiliki keimanan dan akhlak yang kokoh, dekat dengan Al-Qur’an, cinta ilmu pengetahuan, bermanfaat bagi sesama, bersemangat beramar ma’ruf nahi munkar, mandiri serta bijaksana dan pandai menjaga diri serta kehormatan islam.


Lantas bagaimanakah langkah yang tepat agar ananda shalih shalihah dapat mencapai aqil dan baligh secara sempurna ? berikut adalah langkah penting yang harus ananda mulai coba lakukan!

  1. Mulailah dengan mengenali diri sendiri dengan baik.

  2. Tundukkan hati hanya untuk menghambakan diri pada Ilahi Robbi

  3. Rencanakan apa yang akan dilakukan, dan lakukanlah apa yang telah direncanakan

  4. Pelajari secara khusus sejarah hidup Rasulullah SAW, para sahabat dan generasi terdahulu

  5. Cari beragam ilmu pengetahuan, sibukkan diri dengan hal-hal positif

  6. Tentukan cita-cita yang tak hanya sekedar untuk kenyamanan hidup diri sendiri

  7. Berbagi ceritalah selalu tentang segala sesuatu kepada Ayah dan Bunda tersayang.


Selepas pemaparan materi, acara webinar kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada sesi ini, terdapat banyak sekali pertanyaan yang secara aktif dilontarkan oleh peserta webinar, sehingga sesi diskusi berlangsung sangat hangat dan seru. Setelah sesi diskusi selesai, acara webinar kemudian ditutup dan dilanjutkan dengan sesi diskusi lebih dalam bersama walikelas di grup belajar masing-masing.


Dengan dilaksanakannya dauroh aqil baligh ini, besar harapan kami agar ananda shalih shalihah dapat tumbuh menjadi generasi yang kelak mampu meneruskan estafet perjuangan demi tercapainya kejayaan islam di masa yang akan datang. Selamat bertumbuh dan berkembang shalih shalihah :).


Wassalamu’alaykum warohmatullah wabarokatuh..


Tonton Recording Daurah Aqil Baligh :





Written by : U.K


3 views

Recent Posts

See All