Khotmul Qur’an Adzkia



Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Qur’an di Sepanjang Nafas Kehidupan


Menciptakan generasi muda yang memiliki kedekatan dan kecintaan mendalam terhadap Qur’an, ditengah-tengah kondisi era milineal yang serba modern dan digital memang bukanlah perkara mudah. Terdapat banyak tantangan, rintangan dan hambatan yang dengan mudah berpotensi menggoyahkan tekad, semangat serta komitmen yang semula telah sekuat tenaga ditanamkan dalam diri para generasi muda. Diperlukan kesadaran, keikhlasan juga pembiasaan yang berkesinambungan, agar interaksi yang terjaga dengan Al-Qur’an tersebut tidak berakhir hanya sebatas karena tuntutan nilai atau akademik semata, namun dapat menjadi kebiasaan yang selalu dibutuhkan di setiap harinya, hingga kedekatan dan kecintaan terhadap Al-Qur’an itu benar-benar tumbuh subur dalam diri setiap siswa.


Berbekal tekad dan semangat mewujudkan generasi-generasi penerus negeri yang rabbani, maka Sekolah Islam Terpadu (SIT) Adzkia Sukabumi telah menyelenggarakan prgram Khotmul Qur’an yang dilaksanakan di tingkat SD hingga SMA. sebuah program qur’an yang bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan siswa terhadap Al- Qur’an dan menambah kecintaan siswa untuk mau istiqomah membaca Al Qur’an.


Khotmul Qur’an Adzkia merupakan agenda rutin yang setiap tiga bulan selalu dilaksanakan di setiap unit SD hingga SMA SIT Adzkia. Khotmul Qur’an Adzkia ini merupakan agenda puncak dari rangkaian pembiasaan membaca Al-Qur’an yang secara berkesinambungan telah dilaksanakan oleh siswa/siswi SIT Adzkia. Untuk dapat ikut serta dalam Khotmul Qur’an, setiap siswa telah diberikan tantangan oleh setiap wali kelasnya untuk istiqomah membaca Al-Qur’an hingga mampu mengkhatamkannya dalam jangka waktu 3 bulan lamanya. Setiap siswa yang mampu melaksanakan tantangan tersebutlah yang kemudian akan diapresiasi dengan diberikan reward dan diikut sertakan dalam agenda Khotmul Qur’an Adzkia.





Alhamdulillah, pada masa pembelajaran awal semester 2 ini, tepatnya pada Jum’at, 21 Januari dan Senin, 24 Januari 2022, SIT Adzkia telah kembali melaksanakan agenda Khotmil Qur’an yang ketiga kalinya dalam tahun ajaran 2021-2022 ini. Agenda yang dimulai pada pukul 08.30 WIB tersebut, diawali dengan pemberian motivasi yang disampaikan oleh masing-masing wali kelas. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan 1 juz Al-Qur’an secara bergantian oleh masing-masing siswa di setiap kelas sesuai urutan bacaan ayat qur’an yang telah dibagi oleh walikelas. Setelah semua siswa mendapat giliran membaca di masing-masing kelas, acara dilanjutkan dengan membaca juz 30 secara bersama-sama oleh semua siswa di semua grade. Acara kemudian ditutup dengan melantunkan do’a Khotmul Qur’an bersama-sama.





Alhamdulillah, meskipun dilaksanakan di awal semester, tetapi agenda Khotmul Qur’an Adzkia kali ini juga dapat terlaksana dengan penuh khidmat dan semangat yang luar biasa dari seluruh Ananda Shalih shalihah, peserta Khotmil Qur’an. Semoga program Khotmil Qur’an Adzkia ini dapat menjadi salah satu program sekolah yang mampu menghidupkan dan mengistiqomahkan kedekatan dan kecintaan Ananda Shalih shalihah terhadap Al-Qur’an di sepanjang nafas kehidupannya. Aamiin allahumma aamiin.


Barakallah Ayah Bunda, Shalih shalihah serta seluruh Ustadz Ustadzah, terimakasih banyak atas antusiasme, semangat dan keteguhan tekadnya yang luar biasa. Sampai jumpa di Khotmil Qur’an Adzkia berikutnya :).


-Written by U.K-




18 views

Recent Posts

See All