Kiat-kiat Menjaga Semangat Belajar Anak di Kala Pandemi




Minat belajar anak-anak pada masa pandemi Covid-19 kini menjadi salah satu masalah yang berimbas pada kehidupan sekolah,

kebijakan pembelajaran jarak jauh yang telah ditetapkan oleh kementerian pendidikan telah menimbulkan banyak perubahan yang berimbas tidak hanya pada capaian kompetensi anak tapi juga pada motivasi belajarnya.


Ayah dan Bunda, berikut ini merupakan kiat-kiat sederhana yang dapat coba dilakukan untuk menumbuhkan menjaga dan menubumhkan kembali motivasi belajar daring pada anak.




  1. Komunikasikan pada anak tentang kondisi pandemi yang sebenarnya

penting bagi anak untuk mengetahui bagaimana kondisi sebenarnya yang sedang ia hadapi.karena hal tersebut akan membuat anak-anak dapat mulai mengondisikan dirinya untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.




  1. Ajak anak memilih perlengkapan sekolahnya sendiri

melibatkan anak dalam mengambil keputusa dalam hal-hal sederhana di hidupnya dapat sedikit demi sedikit menumbuhkan rasa bertanggung jawab atas pilihan yang sudah diambilnya.




  1. Siapkan ruangan atau sudut khusus untuk tempat belajar anak di rumah

menjaga mood anak, salah satunya dapat dilakukan dengan menyiapkan ruangan atau sudut ruang belajar yang membuatnya nyaman, sehingga ia dapat membuat dirinya menjadi lebih fokus ketika belajar.





  1. Siapkan pendamping apabila orang tua harus work form office atau kembali bekerja di kantor

memastikan anak-anak dapat mengikuti dan mengerti apa yang disampaikan oleh gurunya adalah salah satu hal penting yang tidak boleh sampai terlupakan. karena anak akan mudah merasa tdak fokus dan bosan saat ia tidak dapat memahami apa yang harus ia kerjakan.



  1. Pastikan segala kebutuhan dan perlengkapan belajarnya ananda sudah siap digunakan.

saat semua kebutuhan belajarnya sudah tersedia dengan lengkap, ananda akan lebih terhindar dari kemungkinan perasaan bad mood yang dapat merusak motivasi belajarnya.




  1. Alokasikan waktu untuk mendengar keluh kesah anak selama belajar daring

Bunda, luangkan waktu khusus untuk mendengarkan segala keluh kesah ananda selepas aktivitas belajarnya. hargai setiap kerja keras yang telah dilakukannya untuk mengikuti dan menyelesaikan tugas-tugasnya, jika perlu berilah reward sederhana atas keberhasilan kecilnya menaklukkan hari-harinya. hal tersebut akan sangat membantu menjaga motivasi belajarnya.


Berikut 6 tips memaksimalkan semangat pembelajaran daring dirumah selama pandemik, Ayah-Bunda. Semoga Ananda dirumah selalu semangat dalam belajar dimanapun dan bagaimanapun kondisinya, semoga Allah SWT selalu memberi jalan ya! Aamiin.


Ayah-Bunda, pendaftaran siswa baru SIT Adzkia Gel.2 sudah dibuka, mari cari tahu selengkapnya di halaman ini

1 view

Recent Posts

See All