Lakukan 6 Langkah Ini Supaya Anak Tetap Bisa Mandiri di Masa Pandemi



Ayah dan Bunda, di masa pandemi seperti ini kebanyakan aktivitas dilakukan di dalam rumah, ya. Memang, salah satu manfaat positifnya kita bisa jadi dekat dengan keluarga. Tapi jangan sampai hal ini berimbas pada sikap anak yang terlalu bergantung pada orang tua. Berikut kami rangkum tips dan trik yang bisa Ayah dan Bunda lakukan untuk tetap menumbuhkan jiwa kemandirian pada anak di masa pandemi.


1. Tidak Selalu Membantu

Ketika ananda sedang kerepotan baik dengan pekerjaan sekolah maupun tanggung jawabnya pekerjaan rumahnya, terkadang kita tidak sabaran ya untuk langsung turun tangan membantu. Padahal, hal tersebut bisa membuat si kecil terlalu bergantung kepada kita.

Sesekali kita perlu untuk memberikan ruang kepada si kecil untuk melakukan sesuatu dengan usahanya sendiri. Cukup kita berikan petunjuk atau clue yang memancingnya menemukan langkah apa selanjutnya. Dengan begitu, si kecil akan lebih terlatih kreativitas dan inisiatifnya.


2. Beri Tanggung Jawab

Mulailah biasakan si kecil untuk memiliki tanggung jawab terhadap hal-hal kecil pada pekerjaan rumah. Seperti jadwal merapikan tempat tidur, mencuci piring, mencuci pakaiannya sendiri, dan lain sebagainya.


3. Libatkan Dalam Diskusi di Rumah

Melibatkan si kecil dalam beberapa diskusi di rumah akan membuatnya merasa dihargai pendapatnya. Selain itu, hal ini juga memancing kemampuan pengambilan keputusan bersama yang dapat melatih kepercayaan dirinya.

Kepercayaan diri adalah modal yang penting untuk dapat menumbuhkan jiwa kemandirian pada anak.


Pendaftaran Siswa Baru SIT Adzkia Gel.2 hingga 6 Maret 2021, Daftar Sekarang!.


4. Hargai Pilihan Anak

Menghargai pilihan anak juga dapat membuat si kecil menjadi lebih percaya diri dan menghargai usahanya sendiri lho, Bun. Hal ini bisa dimulai dari hal yang sederhana, seperti membiarkan ia memutuskan untuk memakai baju apa hari ini, atau memilih ingin bermain apa.

Yang terpenting sebagai orang tua kita tetap harus mendukung dan menanamkan konsekuensi atau akibat yang akan didapatkan dari pilihan yang telah dibuatnya.


5. Beri Teladan

Nah, hal ini juga tidak kalah penting dalam usaha menumbuhkan kemandirian pada si kecil. Karena anak-anak cenderung lebih banyak meniru apa yang dilihatnya. Maka sejauh kita mampu melakukan sesuatu tanpa sedikit-sedikit meminta tolong, pertahankanlah. Karena itu akan menjadi teladan bagi anak-anak kita.


6. Sempurnakan Pemahaman Anak tentang Kemandirian melalui Media Buku Bacaan

Manfaatkan media buku untuk lebih mengenalkan pada anak apa itu kemandirian. pilihlah buku-buku yang pemilihan diksi kalimatnya lebih dekat dengan keseharian anak. selain agar anak lebih paham tentang seperti apa pentingnya kemandirian, jurus yang satu ini juga perlahan dapat membiasakan anak hobi membaca.

Semoga sebagai orang tua kita dapat dengan bijak menjaga amanah besar yang Allah titipkan kepada kita ya, Ayah dan Bunda, Salah satunya dengan memaksimalkan bekal-bekal yang ia butuhkan untuk kehidupannya di masa depan.


Selamat Mencoba! ;)




SIT Adzkia

Sekolah Kehidupanku, Berkarakter Qur'ani

Instagram : @sitadzkia

Youtube : SIT Adzkia Sukabumi

WhatsApp : +62 857-9792-9820


Pendaftaran Siswa Baru SIT Adzkia Gel.2 hingga 6 Maret 2021, Daftar Sekarang!.


0 views

Recent Posts

See All