Menjadi Orang Tua yang Diridhoi dan Disenangi : Webinar Kajian Parenting SIT Adzkia Bersama Aa Gym



Menjadi orang tua adalah suatu hal yang sangat berharga. Dalam islam, bahkan ia adalah sebuah amalan yang akan mendatangkan beribu-ribu pahala dan keberkahan. Karena seorang anak adalah karunia tak terhingga. Ia adalah harta yang tak hanya akan membawa kegembiraan di dunia tetapi juga yang mampu menyelamatkan di hari pembalasan kelak.


Selain sebagai karunia yang kehadirannya begitu dinanti-nantikan, sejatinya seorang anak juga merupakan amanah yang kelak harus dipertanggungjawabkan. Karena fitrah seorang anak adalah layaknya selembar kertas putih. Baik tidaknya ia kelak adalah tergantung bagaimana ayah dan bunda dalam mendidiknya. Jika orang tua dapat menjaga, merawat dan mendidiknya dengan benar maka anak tersebut akan menjadi penenang jiwa dan penyejuk hati. Maka membesarkan seorang anak bukan sekedar merawatnya hingga ia tumbuh dewasa dan mencapai cita-citanya. Menjadi orang tua adalah menjalankan peran besar dalam menjaga anak sebagai titipan Allah SWT.


Menjadi orang tua hebat yang di ridhoi Allah tentunya bukan perkara semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan keikhlasan, kesungguhan hingga kesabaran yang tiada batas dalam menjalankannya. Ditengah lingkungan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin tinggi, menjadi orang tua yang dapat mendidik anak dengan ideal, sebagaimana tuntunan agama islam dengan tetap disenangi anak menjadi sebuah tantangan besar orang tua dewasa ini. Degan harapan dapat memaksimalkan peran menjadi orang tua hebat yang juga diridhoi Allah, SIT Adzkia Sukabumi telah menggelar webinar kajian parenting menjadi orang tua yang diridhoi dan disenangi pada Sabtu, 04 September 2021 lalu.


Dalam webinar kajian parenting kali ini, alhamdulillah keluarga besar SIT Adzkia berkesempatan untuk bersilaturahim dan menimba ilmu bersama Pimpinan Yayasan Daarut Tauhid, KH. Abdullah Gymnastiar. Acara webinar yang berlangsung selama kurang lebih satu jam empat puluh menit tersebut telah berjalan dengan baik dengan penuh antusiasme yang luar biasa dari seluruh peserta webinar.


Dalam agenda wbinar parenting dengan tema menjadi orang tua yang diridhpi dan disenangi tersebut, Aa Gym menyampaikan bahwa penting memang untuk bisa menjadi orang tua yang mendapat ridho Allah SWT., sementara menjadi orang tua yang juga disenangi oleh anak adalah bonus yang akan kita dapatkan saat berhasil menjadi orang tua yang berhasil mendidik anak dengan ridho Allah didalamnya. Aa Gym juga menjelaskan terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diaplikasikan oleh setiap orang tua yang menginginkan keridhoan Allah SWT menyertainya, yaitu :

  1. 5 Hal penting yang tidak boleh dilewatkan, diantaranya :

  • Tekad kuat dan bulat

Menurut penuturan Aa Gym, tugas kita adalah memiliki tekad kuat dan bulat untuk dapat menjadi orang tua pyang mendapat ridho Allah SWT. adapaun bagaimana repon anak adalah bergantung pada kuasa Allah, karena Ialah yang Maha membolak-balikkan hati manusia.

  • Memperbanyak taubat

  • Menjauhi maksiat

  • Meningkatkan Ketaatan

Sebagai orang tua, agar dapat meraih keridhoan Allah, kita harus senantiasa meningkatkan ketaatan dengan senantiasa memperbaiki shalat, memperbanyak membaca Al-Qur’an, serta memperbanyak do’a.

  • Menebarkan Kebermanfaat dengan memperbanyak sedekah dan menolong sesama.

  1. Menjadikan diri kita sebagai teladan terbaik bagi anak-anak

  2. Mendidik anak supaya paham kemudian melatih agar terbiasa dan membina agar anak dapat istiqomah. Dalam melaksanakan ketiga hal tersebut perlu diiringi dengan kesabaran serta kasih sayang dan ketulusan dari orang tua kepada anak.

  3. Carikan lingkungan yang paling baik, menjaga makanan serta pakaiannya. Pastikan tidak ada sedikitpun harta dan hal tidak halal yang didapat oleh anak-anak kita.


Alhamdulillah, kegiatan webinar yang berlangsung atas kerja sama pihak sekolah dengan SIT Adzkia Parent Community (FORIKSIMA) melalui zoom meeting dan ditayangkan secara live di channel youtube SIT Adzkia Sukabumi, telah diikuti oleh lebih dari dua ribu peserta webinar. SIT Adzkia berharap, melalui kegiatan kajian parenting yang akan secara rutin dilaksanakan di setiap bulannya dapat memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh seluruh ayah bunda dan keluarga besar SIT Adzkia Sukabumi, sehingga dapat terjalin sinergitas yang baik dan utuh antara sekolah dan orang tua dalam mendidik ananda shalih shalihah menjadi generasi yang cerdas, unggul serta berkarakter qur’ani.

Jazakumullahu khairan kepada semua pihak yang telah bekerjasama dan mendukung keberlangsungan kegiatan webinar bersama Aa Gym ini, semoga Allah membalas dengan kebaikan dan keberkahan yang berlimpah. Aamiin.


Sampai bertemu kembali di kajian parenting berikutnya Ayah Bunda :)


Ketinggalan acara webinar? Silahkan tonton kembali di sini :



- Written By U.K-




3 views

Recent Posts

See All