OBSERVASI PEMBELAJARAN PPKn SMPIT Adzkia Ke DPRD Kota Sukabumi


Sebanyak 179 siswa dan 10 guru SMPIT Adzkia melakukan kunjungan pembelajaran ke DPRD Kota Sukabumi, dalam rangka observasi atau pembelajaran langsung terkait materi BAB III PPKn Kelas 7 tentang rancangan perundang-undangan, serta penjelasan tupoksi dan wewenang DPRD Kota Sukabumi. Dalam hal ini ketua komisi III membawahi Pendidikan Bapak Gagan Rahman, S.Sos (PDIP) menerima dengan baik, juga turut hadir beberapa anggota dewan, Bapak Lukmansyah, M.Pd (PKS), Bapak H Priatna, S.Pd (Golkar), Bapak H Deden, SH (Demokrat) dan Bapak Dr. H. Mulyono (Nasdem) menyampaikan materi dengan baik, menyenangkan. Bahwa tugas DPRD sebagai legislasi artinya pembentukan peraturan daerah, budgeting sebagai anggaran daerah dan dan controlling pengawasan mengontrol pelaksanaan Perda dan peraturan.




Heri Suhendar, S.Pd, Gr Kurikulum SMP IT Adzkia memaparkan observasi ke lembaga pemerintahan yaitu DPRD Kota Sukabumi dalam rangka melaksanakan pembelajaran PPKn yang mana pembelajaran dilaksanakan tidak hanya dalam kelas tetapi secara langsung ke lapangan untuk mengetahui lembaga-lembaga pemerintahan yang ada di Indonesia secara langsung, bisa melihat bagaimana proses lembaga pemerintahan bekerja sehingga siswa lebih memahami peran dan fungsi lembaga-lembaga negara.


hal ini juga sejalan dengan kurikulum Merdeka yang mana menerapkan Project profil pelajar Pancasila.


Juga Ilyas Abdullah M.Pd selaku ketua pelaksana observasi pembelajaran PPKn. Menyampaikan bahwa dengan adanya pembelajaran contextual teaching learning (CTL) diharapkan siswa mampu mendapatkan pengalaman yang berharga, mengalami, merasakan suasana baru mereka hadir di ruang sidang DPRD Kota Sukabumi. Sehingga anak didik kami merasa tahu yang sesungguhnya. Dan ini sejalan dengan apa yang disampaikan dalam forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKn se Kab Sukabumi dalam kegiatan Sosialisasinya Penerapan Projek Profil Pelajar Pancasila disampaikan kepada seluruh guru PPKn se-kabupaten Sukabumi pada tanggal 17 september 2022 yang lalu.




Tentu dengan adanya pembelajaran langsung ini anak didik kami antusias, mereka senang dan bangga bisa duduk bersama dengan para dewan perwakilan rakyat daerah Kota Sukabumi, dan bisa bertanya langsung mengenai fungsi dan wewenang DPRD, juga hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah daerah. Semoga pembelajaran CTL ini bisa dipertahankan dan dikembangkan dalam observasi selanjutnya. Pungkasnya.

13 views

Recent Posts

See All