SEHAT BERSAMA SDIT ADZKIA 1 SUKABUMI



Selasa 9 agustus 2022 SDIT Adzkia 1 Sukabumi menggelar acara Sehat Bersama Adzkia 1 dilaksanakan dua sesi yaitu kelas bawah dan kelas atas. Acara dimulai pada pukul 08.00 - 09.00 WIB di masjid SDIT Adzkia 1 kemudian dilanjutkan dengan makan bubur kacang ijo Bersama di lapangan. Pemateri Adzkia sehat ini langsung dari ahli dalam bidangnya, konsultan Kesehatan dari Puskesmas Kec. Cikiray. Ananda sangat antusias dalam menyimak setiap materi dari pemateri.


Dijelaskan kepada Ananda bagaimana agar menjaga pola hidup sehat, seperti pengenalan makanan 4 sehat 5 sempurna, cuci tangan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral. Makanan 4 sehat terdiri atas makanan pokok, lauk pauk, sayur, dan buah. Sedangkan 5 sempurna merupakan susu yang merupakan nutrisi tambahan. Gaya hidup sehat perlu diperkenalkan kepada anak sejak dini.


Kebiasaan-kebiasaan yang baik berperan penting untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya dan mendukungnya tumbuh menjadi orang dewasa yang sehat. Pola makan yang sehat misalnya, dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan anak ketika dewasa.



Kebersihan lingkungan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya, debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat.


Kita harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.


Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain:

1. Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.

2. Lingkungan menjadi lebih sejuk.

3. Bebas dari polusi udara.

4. Air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.

5. Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.


Lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan sejak dini. "Sehat Bersama SDIT Adzkia 1" dengan tujuan mengenalkan kepada ananda bagaimana menjaga pola hidup sehat ,mulai dari makanan yang bergizi seimbang,mencuci tangan dan menjaga kebersihan dilingkungan sekitar.



Agar ananda menjadi tahu dan bisa sedikit demi sedikit mempraktekkan dikehidupan sehari-hari Sebagai penanaman karakter Qur'ani' yaitu Allah memerintahkan untuk tidak mendzolimi diri sendiri dengan cara menjaga kesehatan dan kebersihan.

7 views