Sidang Terbuka Karya Tulis Ilmiah SMAIT Adzkia


Menjadi Pemuda Generasi Alfa yang Kreatif dan Inovatif di Era Kompetitif


Pemuda masa kini adalah cerminan masa depan peradaban sebuah negara. Memiliki generasi muda yang aktif, kreatif, dan inovatif merupakan investasi terbaik demi terwujudnya masa depan bangsa yang gemilang. Sebagaimana gelar yang disandangkan kepadanya, pemuda adalah agent of change yang dituntut untuk mampu ambil bagian dan menjadi pembaharu dalam mengahadapi berbagai tantangan besar bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Hal itu lah yang kemudian menjadi latarbelakang diselenggarakannya Sidang Karya Tulis Ilmiah (KTI) oleh SMAIT Adzkia Sukabumi. Salah satu program pembelajaran yang diharapkan dapat mendorong pemuda-pemudi Adzkia menjadi generasi alfa yang memiliki kemampuan berpikir kritis, peduli, adaptif, kreatif, serta solutif dalam menyikapi berbagai fenomena dan permasalahan bangsa yang ada dengan menghadirkan bebagai gagasan dan ide inovatif yang dimilikinya.

Karya Tulis Ilmiah (KTI) adalah serangkaian laporan tertulis yang dihasilkan melalui pengkajian mendalam dari kegiatan penelitian ilmiah atau riset yang telah dilakukan sebelumnya. Melalui karya tulis ilmiah ini, seorang peneliti dapat mempublikasikan hasil pemikiran mendalamnya tentang sebuah permasalahan yang ada dengan menghadirkan gagasan serta inovasinya sebagai solusi terbaik dari permasalahan tersebut.

.

Bagi SMAIT Adzkia, Karya Tulis Ilmiah ini merupakan program pembelajaran yang menjadi salah satu syarat kelulusan bagi siswa dan siswinya. Dengan menulis karya ilmiah, diharapkan siswa SMAIT Adzkia memahami bahwasanya dunia tulis menulis memiliki peranan penting dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif serta inovatif. Kemampuan menulis terutama bagi siswa, juga menjadi salah satu indikator pencapaian mutu, atau menjadi ukuran kualitas sumber daya manusia. Semakin banyak kita menulis, menunjukkan semakin berkualitasnya kita.



Alhamdulillah, pada akhir bulan januari lalu, tepatnya pada tanggal 31 Januari 2022, SMAIT Adzkia telah kembali menggelar Sidang Terbuka Karya Tulis Ilmiah Siswa. Pada agenda sidang terbuka KTI yang dihadiri sekaligus dibuka oleh Pengawas Pembina KCD Pendidikan Provinsi Jawa Barat, yakni Bapak Isep Supriadi, MA. M.Si tersebut, terdapat 10 peserta sidang yang berkesempatan untuk mempresentasikan hasil karya tulis ilmiahnya dihadapan para tamu undangan, Ustadz Priyo selaku owner yayasan Adzkia Damiri, para dewan penguji, jajaran management SIT Adzkia, Ayah Bunda, serta ustadz dan ustdzah SMAIT Adzkia. 10 siswa peserta sidang terbuka tersebut merupakan 10 siswa terbaik pilihan dewan penguji yang telah mengikuti sidang tertutup KTI pada akhir bulan desember lalu. Pada agenda sidang terbuka tersebut, setiap siswa diberi kesempatan untuk memaparkan hasil penelitiannya dalam waktu 15 menit untuk kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 30 menit.




Pada agenda sidang terbuka karya tulis ilmiah tahun ini, terdapat 10 karya tulis ilmiah siswa dengan berbagai tema penelitian yang sangat kreatif dan inovatif, baik dari segi penelitian sains dan teknologi juga sejarah, humaniora dan sosial kemasyarakatan. Dengan keberhasilannya dalam menyajikan sebuah karya tulis ilmiah tersebut, siswa/siswi SMAIT Adzkia telah membuktikan bahwa para pemuda yang berkualitas adalah mereka yang selalu jauh dari kata malas apalagi enggan memberdayakan diri dan peduli terhadap lingkungannya, namun pemuda berkualitas yang kelak akan mampu mewujudkan peradaban gemilang adalah mereka yang tak keberatan meninggalkan zona nyamannya untuk kemudian bergerak mengukir prestasi-prestasi terbaik melalui pemikiran, idealisme serta semangat berkontribusinya yang tak kenal lelah.




Barakallah kepada seluruh pemuda–pemudi tebaik SMAIT Adzkia, atas keberhasilannya dalam mempersembahkan karya terbaiknya. Semoga setiap gagasan dan kontribusi terbaik Ananda dalam karya tulis ilmiah ini dapat menjadi langkah awal dari lahirnya beribu-ribu insprasi dan solusi yang nyata lainnya dalam menghadapi berbagai tantangan juga permsalahan bangsa yang ada.

Jazakumullahu khairan kepada Ayah Bunda serta Ustadz dan Ustadzah SIT Adzkia atas dukungan, kerjasama dan bimbingannya sehingga agenda sidang terbuka karya tulis ilmiah ini dapat terlaksana dengan baik. Semoga Allah senantiasa meridhoi Ananda untuk terus bertumbuh menjadi generasi-generasi penerus negeri yang unggul dan berkarakter qur’ani. Aamiin allahumma aamiin.

-Written by U.K-


115 views