Wisuda Tahfidz Qur’an Adzkia



Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ditawarkan kepada penghafal Al Qur’an, baca dan naiklah ke tingkat berikutnya. Baca dengan tartil sebagaimana dulu kamu mentartilkan Al Qur’an ketika di dunia. Karena kedudukanmu di surga setingkat dengan banyaknya ayat yang kamu hafal.” (HR. Abu Daud 1466, Turmudzi 3162 dan dishahihkan Al-Albani)


Al-Qur'an adalah lantunan kalam Allah yang Maha Mulia. Lebih dari sekedar barisan huruf atau bacaan, Al-Qur'an adalah sahabat yang kelak akan mengantarkan pada syugra yang didalamnya hanya dipenuhi kebahagiaan. Ia adalah kalam Allah yang senantiasa suci, selalu tinggi, selamanya terpuji dan mulia tiada tara karena penjaganya adalah Sang Maha Pencipta. Maka bagi seorang muslim sejati, menghafalkan ayat demi ayatnya adalah identitas diri. Karena layaknya lentera yang menerangi gelapnya perjalanan menuju alam keabadian, Al-Qur’an adalah pedoman hidup yang akan menuntun setiap langkahnya untuk dapat sampai pada tujuan hidupnya.


Sekolah Islam Terpadu (SIT) Adzkia Sukabumi adalah lembaga sekolah formal unggulan yang berkomitmen menjadikan Al-Qur’an sebagai gen utama dalam ruh pendidikan dan nafas yang menjiwai setiap kegiatan serta program pembelajaran yang dihadirkan di dalamnya. Berbagai program pembelajaran dan pembinaan senantiasa digulirkan guna tercapainya internalisasi nilai-nilai agung Al-Qur’an yang tercerminkan dari karakter dan akhlak mulia setiap siswa, pengajar hingga seluruh element keluarga besar yayasan Adzkia, salah satunya adalah program Wisuda Tahfidz Adzkia.





Wisuda Tahfidz Adzkia merupakan agenda puncak dari seluruh rangkaian proses pembelajaran qur’an yang setiap hari dilaksanakan di SIT Adzkia. Setelah mendapatkan bimbingan secara intensif dari guru qur’an di kelasnya dan melewati program sertifikasi hafalan qur’an dengan baik, maka setiap siswa berkesempatan untuk dilantik sebagai wisudawan-wisudawati tahfidz qur’an dalam agenda Wisuda Qur’an yang secara rutin diselenggarakan oleh SIT Adzkia di setiap tahunnya.


Alhamdulillah, meskipun masih dalam suasana pembatasan proses pembelajaran secara offline, di akhir tahun pembelajaran 2021, tepatnya pada akhir bulan November lalu, SIT Adzkia telah kembali menyelenggarakan rangkaian agenda Wisuda Tahfidz Adzkia yang digelar secara offline di setiap unit sekolah. Rangkaian acara wisuda yang diawali dengan kajian parenting online bertema menjadi keluarga ahlul qur’an bersama Ustadz Abi Makki dan dilanjutkan dengan pelaksanaan wisuda tahfidz di setiap unit sekolah, atas izin Allah telah terselenggara dengan sukses dan insyaAllah penuh keberkahan.





Selain agenda sambutan dari manajer pendidikan SIT Adzkia, prosesi dan pembacaan ikrar wisudawan yang berlangsung dengan teramat khidmat, dalam acara Wisuda Thafidz Adzkia tersebut juga terdapat agenda tasmi al-Qur’an, setoran hafalan secara langsung kepada Ayah Bunda, uji kompetensi siswa yang memiliki hafalan tertinggi, pemaparan program quran Adzkia, penghargaan untuk wisudawan dengan kategori wisudawan termuda dan hafalan mutqin terbanyak disetiap unitnya serta agenda penguatan dan motivasi qur’an melalui tayangan short movie pembelajaran Quran dan proses sertifikasi.


Alhamdulillah, dengan terlaksanya agenda wisuda tahfidz Adzkia tersebut, tuntas sudah amanah SIT Adzkia dalam menghantarkan ananda shalih shalihah menjadi wisudawan melalui rangkaian agenda Wisuda Tahfidz Adzkia angkatan IX. Dengan penuh syukur dan rasa bangga, sekali lagi SIT Adzkia mengucapkan barakallah kepada 1.703 Wisudawan Wisuda Tahfidz Qur'an Adzkia Tahun 1443 H/ 2021 M. Semoga setiap huruf yang telah dihafalkan ananda, dapat membawa beribu keberkahan dan kebermanfaatan bagi ananda, keluraga tercinta, Ustadz Ustdzah, serta lingkungan di sekitarnya. Aamiin Allahumma Aamiin.


Dengan kerendahan hati, SIT Adzkia senantiasa memohon do'a dari Annda shalih shalihah, Ayah Bunda dan seluruh keluarga dan sahabat Adzkia, agar SIT Adzkia Allah ridhoi untuk dapat mencetak generasi Qur'ani yang semakin banyak lagi. ✨


Jazakmulullahu khairan untuk kerjasama Ayah Bunda juga kesungguhan Ananda, sehingga kita semua dapat menyelenggarakan agenda wisuda tahfidz adzkia di tahun ajaran 2021 ini. Sampai berjumpa kembali di agenda wisuda tahfidz adzkia tahun berikutnya :)


-Written by : U.K-




8 views