4 Bekal Persiapan Meraih Ramdhan Penuh Keberkahan






Waktu terus berjalan, tak terasa tinggal menghitung hari, seluruh umat islam akan memasuki Bulan Ramadhan.

Sebagai Bulan yang didalamnya dipenuhi kemuliaan, Maka sangatlah penting bagi kita untuk bersungguh-sungguh mempersiapkan diri dalam menyambut Bulan Ramadhan.


Apa sajakah persiapan yang harus dilakukan agar Ramadhan yang tak lama lagi menjelang, dapat Kita lalui dengan penuh keberkahan ?


Berikut 4 bekal penting yang tidak boleh dilewatkan dalam menyambut datangnya Bulan Ramadhan :





⏩ Persiapan Ruhiyah (Keimanan)

Persiapan secara keimanan ini berupa pengendalian diri, menjaga hati agar ikhlas, bersih dari penyakit hati seperti iri, dengki, ria, dendam dan juga permusuhan. Melakukan silaturahmi baik secara langsung ataupun dengan alat komunikasi dan saling memaafkan sebelun Bulan Ramadhan.





⏩ Persiapan Jasadiyah (Fisik)

Ramadhan merupakan bulan yang ketika kita didalamnya melakukan kebaikan, maka kita akan mendapatkan pahala yang berlipat. ibadah sunnah akan mendapatkan pahala wajib, dan pahala ibadah wajib berlipat-lipat balasannya. sangat disayangkan apabila kita tidak bisa memanfaatkan Bulan Ramadhan sebaik mungkin karna kondisi fisik kita.


Persiapan jasadiyah/ fisik ini sangatlah penting untuk dilakukan dari sekarang. Dianataranya seperti berolah raga teratur, banyak minum air putih dan makan vitamin. Apalagi dalam masa pandemi covid-19 yang Masih belum usai, sangatlah penting bagi kita untuk senantiasa menjaga kebersiahan dan kebugaran jasmani.





⏩ Persiapan Tsaqafiyah (Keilmuan)


Rasulullah SAW, bersabda :


مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

“Barangsiapa melakukan suatu amalan yang bukan ajaran kami, maka amalan tersebut tertolak.” (HR. Muslim no. 1718)


Memahami tata cara ibadah yang benar akan membawa kita untuk meraih pahala, karena apabila suatu aktifitas kita tidak ditunjang dengan pengetahuan yang baik maka kita juga tidak akan mendapat hasil yang baik. Untuk itu perlulah kita persiapan ilmu seperti ilmu piqih, mempelajari sunnah Nabi Muhammad SAW, mengikuti majelis ilmu dan ibadah lain terkait di Bulan Ramadhan.





⏩ Persiapan Maaliyah (Harta)

Persiapan harta yang dimaksud, misalnya seperti persiapan untuk bisa bersedekah, infaq dan zakat.


Semakin banyak kita memberi makan semakin banyak pula ganjaran pahala yang kita akan kita dapatkan di Bulan Ramadhan nanti.


Yuk mulai persiapkan diri dari sekarang!

Semoga dengan bersungguh-sungguh mempersiapkan diri, setiap ibadah dan amal kebaikan di Ramadhan tahun ini lebih baik dari Ramadhan Sebelumnya. Aamiin Allahumma Aamiin

59 views

Recent Posts

See All