Adzkia Sehat : Generasi Kuat, Generasi Hebat!

Nabi Muhammad SAW. bersabda, “Mohonlah kepada Allah kesehatan. Sesungguhnya karunia yang lebih baik sesudah keimanan adalah kesehatan.” (HR Ibnu Majah).





Kesehatan adalah salah satu nikmat yang diinginkan oleh setiap orang. Tidak ada satu orangpun yang menginginkan hidup dalam kondisi yang diliputi berbagai macam kesakitan. Terlebih dalam situasi saat ini, dimana sebagian besar dunia masih diliputi oleh wabah korona yang belum juga reda. Apa pun akan dilakukan agar dirinya tidak sakit. Misalnya, dengan menjaga pola hidup, mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, ataupun meminum berbagai macam vitamin.

Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Kesehatan merupakan karunia yang utama setelah keimanan. Betapa tidak, karena dalam kondisi sehat, seseorang bisa beraktivitas dengan optimal. Pikiran juga akan bekerja dengan baik dan penuh konsentrasi. Bandingkan dengan orang yang sakit. Misalnya saja, seseorang terserang penyakit demam, tidak hanya pergerakan fisik yang terganggu, tetapi juga pikiran menjadi tidak optimal berkonsentrasi.

Namun, sebagai manusia yang telah Allah anugerahi nikmat sehat, sering kali manusia justru lalai akan nikmat tersebut, padahal Rasulullah SAW telah mengingatkan melalui salah sat hadistnya,

“Ada dua kenikmatan yang membuat banyak orang teperdaya, yakni nikmat sehat dan waktu senggang.” (HR al-Bukhari).

Maka sebagai manusia yang masih Allah beri nikmat sehat, sudah sepantasnya kita mensyukurinya dengan memanfaatkannya untuk melakukan banyak kebaikan. Jangan sampai kesehatan justru dimanfaatkan untuk melakukan sesuatu yang sia-sia dan tak ada manfaatnya, karena itu berarti tidak mensyukuri nikmat. Dalam hadis lain ditegaskan bahwa anugerah kesehatan ini akan menjadi pertanyaan pertama yang dilontarkan di akhirat.

Nabi bersabda, “Sesungguhnya kenikmatan dari Allah yang pertama kali ditanyakan kepada seorang hamba kelak pada hari kiamat ialah, ‘Bukankah telah Kami berikan kesehatan pada tubuhmu dan Kami berikan air minum yang sejuk?’” (HR at-Tirmidzi).

Salah satu cara untuk mensyukuri nikmat sehat dari Allah SWT., juga dapat dilakukan dengan senantiasa menjaga tubuh kita agar tetap fit dengan berolahraga dan menjaga asupan nutrisi. Sebagai bentuk rasa syukur terhadap nikmat sehat, SIT Adzkia telah mengadakan program Adzkia sehat yang mengajak seluruh ananda shalih shalihah beserta Ayah dan Bunda untuk bersama-bersama melaksanakan berbagai jenis olahraga yang seru dan menyehatkan. kegiatan Adzkia Sehat ini merupakan agenda rutin yang akan dilaksanakan setiap di setiap bulan dengan berbagai variasi kegiatan yang sangat mengasyikkan. Alhamdulillah, Adzkia sehat edisi bulan Agustus telah terlaksana dengan penuh keceriaan pada hari Jum’at, 27 Agustus 2021 lalu.

Melalui rangkaian program Adzkia Sehat ini, SIT Adzkia bertujuan dapat menjaga semangat ananda shalih shalihah beserta ayah bunda untuk senantiasa rutin melaksanakan olahraga, sebagai salah satu bentuk syukur atas anugerah nikmat sehat dari Allah SWT. nikmat sehat ini sangat penting untuk kita jaga, karena dengan tubuh yang prima seorang mukmin akan mampu beribadah dengan lebih maksimal. Dia bisa menegakkan shalat dengan lebih baik, berpuasa, menunaikan haji dengan penuh semangat, mampu menghadiri majelis ilmu, menolong sesama dengan kekuatan fisiknya, bahkan berjihad. Bagi seorang muslim, tentu saja kesehatan jasmani yang baik harus dilandasi keimanan yang kokoh kepada Allah Ta’ala. Kesehatan tanpa diiringi iman seringkali membuat manusia lalai dan sombong bahkan nikmat tersebut bisa mendorongnya untuk berbuat dosa dan maksiat pada Allah Ta’ala. Na’udzubillah yaa shalih shalihah.

Jadi yuk semangat berolahraga, agar tubuh menjadi kuat dan sehat, juga dapat menjadi muslim yang lebih dicintai oleh Allah SWT.

See you in the Next Adzkia Sehat everyone! keep workout and always be happy :)

-Written by U.K-


2 views