Duroh Qur’an Liburan - A Great Quality Time With Al-Qur’an




Sebagai seorang umat beragama islam tentu kita sudah tak asing lagi dengan Al-Qur’an. Sebuah kitab yang bukan sekedar kumpulan sederetan huruf yang menyusun rangkaian bacaan, melainkan sebuah kompas kehidupan yang menuntun langkah menuju arah yang tepat. Al-Qur’an adalah bukti nyata cinta kasih dari Sang Maha Pencipta untuk hamba-Nya yang banyak alfa dan tak punya sedikitpun kuasa.





Sayangnya sebagai manusia yang juga dikaruniai hawa nafsu, hanya sedikit dari kita yang hidup dan amalnya benar-benar berlandaskan tuntunan Al-Qur’an, sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW dalam haditsnya. Meskipun secara populasi, umat islam tercatat sebagai umat terbanyak di dunia, tetapi jumahnya yang banyak tak sebanding dengan kualitas keimanannya. Ibarat buih di lautan luas, yang datang berdesak-desak dalam gelombang, namuun tak punya daya bahkan untuk menggoyangkan bebatuan yang dilaluinya. Mengapa sampai demikian ? jawabannya adalah tentu karena sedikit sekali interaksi kita dengan Al-Qur’an. Sulit sekali rasanya bertahan sedikit lebih lama untuk duduk khusyuk tenggelam dalam bacaan ayat-ayat Al-Qur’an. Padahal Rasulullah dan para sahabat sangatlah haus dan mendambakan dapat berlama-lama bersama Al-Qur’an. Sedang kita yang sedikit amalnya dan belum tentu diterima oleh Allah, selalu saja banyak beralasan hingga merasa tak mampu untuk satu jam saja duduk khusyuk membaca Qur’an. Jangankan mentadabburinya, membacanya saja sudah jarang dilakukan. Padahal Al-Qur’an adalah lentera yang menerangi gelapnya perjalanan menuju alam keabadian. Tetapi ia seringkali hanya berada diantara tumpukan buku bacaan yang jarang sekali dibuka. Astaghfirullah.





Menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an memang bukanlah perkara mudah untuk diwujudkan, tetapi juga bukan berarti mustahil untuk dilakukan bukan? sebagai lembaga pendidikan yang bervisi menciptakan generasi penerus negeri yang unggul dan berkarakter qur’ani, SIT Adzkia sangat berkomitmen untuk dapat sedini mungkin menumbuhkan kecintaan dan kedekatan terhadap ayat-ayat serta nilai-nilai Al-Qur’an yang mulia bagi setiap siswa-siswinya. Melalui internalisasi pemahaman hingga berbagai program pembelajaran khusus Qur’an, salah satunya adalah program dauroh Qur’an liburan.





Dauroh Qur’an Liburan adalah agenda yang secara khusus digelar di seluruh unit SIT Adzkia disaat waktu libur semester menjelang. Tentunya tidak semua siswa kemudian dapat ikut serta dalam agenda dauroh Qur’an ini, karena waktunya yang diselenggarakan ditengah-tengah libur semester. Hanya siswa-siswi yang memiliki komitmen dan keinginan kuat untuk mau mengorbankan waktu liburnya-lah yang akhirnya dapat mengikuti kegiatan dauroh ini. Ananda shalih shalihah yang telah Allah pilih untuk menjadi generasi yang dekat dengan al-qur’an yang akan membawa beribu kemuliaan dalam hidupnya.


Sebagaimana tengah berlangsungnya pekan liburan, Dauroh Qur’an juga kini tengah berlangsung. Dimulai dari tanggal 1 Januari dan akan berakhir pada tanggal 13 Januari 2022. Selama kurang lebih dua pekan tersebut seluruh ananda shalih shalihah akan dibimbing secara intensif, dari pagi hingga siang hari untuk berfokus pada proses ziyadah atau menambah hafalan qur’an. Coba kita bayangkan, itu artinya dalam sehari ananda mampu untuk lebih dari 3 jam berinteraksi dengan ayat-ayat Qur’an. Maka berpuluh-puluh ribu pahala kebaikan setiap harinya telah mereka dapatkan karena membaca 1 huruf qur’an saja akan berbalas 10 kali lipat pahala kebaikan. Maa syaa Allah! Maka berbahagialah Ayah Bunda yang memiliki ananda shalih shalihah yang Allah pilih untuk jadi bagian dari agenda yang penuh keberkahan ini.





Kegiatan dauroh qur’an ini, biasanya diawali dengan pngetesan tingkatan hafalan setiap pesertanya untuk kemudian dibagi dalam kelompok-kelompok kecil sesuai dengan batasan hafalannya masing-masing. Setiap kelompok kemudian akan dibimbing secara intensif oleh satu orang pembimbing, sehingga proses talaqqi dan proses menambah hafalan menjadi lebih fokus, efektif dan terarah. Dalam pelaksanaannya, ananda shalih shalihah tidak hanya berkutat dengan kegiatan menghafal saja, selama rangkaian dauroh ananda juga tetap dibiasakan melaksnaakan shalat dhuha bersaama, mendapat motivasi keutamaan serta kemuliaan menjadi seorang hafidz/hafidzah dan bahkan mendapat pengalaman menyenangkan mengikuti berbagai fun games, nobar sampai agenda panahan. Tak hanya itu, diakhir kegiatan dauroh seluruh shalih shalihah akan diberikan sertifikat penghargaan serta reward special bagi peserta dauroh dengan capaian hafalan tertinggi di setiap unitnya. Wah, tentunya akan menjadi pengalaman luar biasa yang tak akan terlupakan yaa, Ayah Bunda.


Dengan program dauroh qur’an liburan ini, besar harapan kami agar kemudian dapat lahir ditengah-tengah kita semua generasi-generasi penerus perjuangan islam yang tak hanya unggul dengan kecerdasan akademik dan skillnya saja, namun juga menawan dengan kuatnya keimanan, baik akhlaknya serta teguh berdiri dalam kebenaran. Semoga Allah SWT meridhoi semua perjuangan besar kita semua dalam mendidik ananda tercinta, sehingga menjadikan mereka sebagai generasi-generasi rabbani dengan kemuliaan yang hakiki. Aamiin allahumma aamiin.


Selamat berlomba memanen beribu cahaya kemuliaan dalam rangkaian dauroh qur’an shalih shalihah!


Written By U.K


1 view