GERBANG PERTAMA DI ADZKIA



Tepat pada Senin 18 Juli 2022


merupakan dimulainya Tahun Ajaran 2022-2023, begitupun seluruh Unit SIT Adzkia Sukabumi memulai hari pertama dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, mulai dari tingkat SDIT-SMPIT sampai SMAIT. Suasana pagi hari di SIT Adzkia sudah diramaikan dengan kendaraan yang mengantar peserta didik baru kesekolah, untuk SDIT dibersamai dengan orangtuanya, SMPIT dan SMAIT banyak yang memakai atribut MPLS yang telah ditetapkan panitia.


Para peserta didik baru disambut hangat oleh para ustadz/ah dan panitia kemudian diarahkan pada ruangan masing-masing. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.



Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru. Pada perguruan tinggi, Kegiatan serupa dikenal dengan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK). Namun SDIT Adzkia juga melaksanakan Masa Pengenalan dipandu langsung oleh para Ustadz/ah,dikemas dengan konsep yang ceria dan penuh semangat,tidak hanya pengenalan saja tetapi dilaksanakan dengan acara berikutnya yaitu pembagian kelas. Para peserta didik sangat antusias dan semangat selama mengikuti kegiatan MOAS.


MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainya di sekolah itu,. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.



Tujuan :

Mengacu pada Permendikbud nomor 18 tahun 2016, tujuan Masa pengenalan Lingkungan Sekolah adalah :

1. Mengenali potensi diri siswa baru;

2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;

3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;

4. Mengembangkan interaksi posifit antarsiswa dan warga sekolah lainya;

5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.



Secara umum, tujuan diadakannya adalah sebagai berikut:

1. Memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah yang baru mereka masuki

2. Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.

3. Memperkenalkan sisw untuk dapat menyanyikan lagu hymne dan mars sekolah.

4. Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah.

5. mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka.

6. Menamakan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal.

7. Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara format di kelas.




Pada kebanyakan sekolah, biasanya MPLS sepenuhnya dilaksanakan oleh kelompok siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intrasekolah (OSIS) dengan guru sebagai pihak pengawas, asisten dan pemantau kegiatan selama MPLS berlangsung. Di sekolah tertentu, terkadang MPLS tidak hanya dilaksanakan oleh guru dan kelompok OSIS. Begitupun yang dilaksanakan oleh SMAIT Adzkia.


Rangkaian acara dihari pertama MPLS SMAIT Adzkia diawali dengan upacara pembukaan di lapangan upacara SMAIT Adzkia,berlangsung dengan khidmat dan tertib. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Yayasan SIT Adzkia drh. H. Priyo Indrianto serta pengenalan guru dan staff di SMAIT sekaligus pemaparan tata tertib dan hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjadi siswa/i SIT Adzkia.

Selepas upacara pembukaan agenda dilanjutkan oleh panitia yang bersangkutan.


-Written by Safitri Agustin-

21 views