top of page

IBADAH JUGA HARUS SABAR

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali ada hal yang tidak kita harapkan terjadi. Mulai dari menumpuknya pekerjaan, berjalannya sesuatu tidak sesuai dengan yang direncanakan dan hal-hal lainnya yang membuat diri merasa diberi ujian paling berat di dunia. Di saat seperti ini mungkin akan ada banyak kata sabar yang terlontar.


Namun demikian, sabar bukan hanya kata yang bermakna menahan diri dari emosi dan keluhan saat menghadapi kesulitan dan cobaan. Lebih dari itu, sabar juga diperlukan dalam kondisi lain untuk menguatkan seseorang dalam kebaikan.


Ada 3 jenis sabar yang perlu dimiliki seorang muslim.


1. Dalam ketaatan kepada Allah

Ibadah adalah salah satu bentuk pengabdian kita kepada Allah. Melaksanakan ibadah dengan baik dan penuh keikhlasan membutuhkan kesabaran. Ketika membaca Al-Qur’an misalnya, mungkin saja ada perasaan ingin segera menyelesaikan untuk memenuhi target tilawah harian sehingga membaca dengan tergesa-gesa dan tidak memperhatikan tajwidnya. Kita harus sabar untuk membaca Al-Qur’an agar apa yang dibaca sesuai kaidah tahsin yang baik dan benar. Begitupun dengan ibadah lainnya. Semua itu membutuhkan kesabaran untuk dilakukan dengan istiqomah dan penuh keikhlasan.


2. Dalam menghadapi musibah

Kehidupan tidak selalu berjalan mulus. Pasti ada saatnya kita menghadapi cobaan dan ujian. Bisa berupa kehilangan, terkena penyakit, atau berbagai kesulitan lainnya. Dengan kesabaran, kita bisa menerima cobaan tersebut dengan lapang dada, yakin bahwa semua itu atas kehendak Allah SWT dan senantiasa mencari hikmah di baliknya. Ingatlah, janji Allah SWT itu pasti. Setelah kesulitan, pasti akan ada kemudahan.


3. Dalam menahan diri dari maksiat

Hawa nafsu dan godaan setan terkadang membisikkan hal-hal yang tidak sesuai syari’at. Menahan diri dari berbohong, berbuat curang, atau hal-hal yang dilarang Allah SWT, semuanya membutuhkan kesabaran. Sabar ini akan mengantarkan kita pada kebaikan di dunia maupun di akhirat.


Jadi, yuk tingkatkan keimanan dengan senantiasa belajar menjadikan sabar sebagai bekal dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

7 views0 comments

Recent Posts

See All

TIPS MENGHAFAL ALA GURU QUR'AN ADZKIA

Sahabat Qur’an Adzkia, Al-Qur’an adalah wahyu terbesar yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dan dapat menjadi syafaat di akhirat kelak bagi siapa saja yang menjadikannya sebagai sah

Comments


bottom of page