top of page

RAMADHAN BERSAMA ADZKIA (ROMANSA)




Sahabat Adzkia, bulan Ramadan adalah bulan suci yang penuh ampunan dan segala amal kebaikan dilipatgandakan. Masih terkenang dalam ingatan, momen Ramadan yang tak mudah untuk dilupakan.

Banyak atau bahkan seluruh umat muslim akan merasa sangat rugi jika bulan ini hanya dibiarkan berlalu tanpa memperbanyak amal kebaikan.

Tak terkecuali di SIT Adzkia, momen istimewa ini diwarnai dengan berbagai kegiatan yang dikemas dalam program "Romadhon Bersama Adzkia".

Program ini bertujuan untuk mengisi hari-hari di bulan suci dengan kegiatan positif dan bermanfaat. Diharapkan melalui kegiatan ini, para siswa SIT Adzkia dapat semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta menumbuhkan dan memperkuat rasa peduli terhadap sesama.

Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam ROMANZA antara lain:

1. Takjil on the Road

Kegiatan ini merupakan aksi berbagi takjil berbuka puasa kepada masyarakat di sekitar lingkungan sekolah. Para siswa SIT Adzkia diajak untuk menyiapkan takjil kemudian membagikannya kepada masyarakat.

2. I'tikaf Ramadan

Di beberapa hari terakhir bulan Ramadan, para siswa SIT Adzkia diajak untuk mengikuti kegiatan i'tikaf di masjid. Kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara berdiam diri di masjid dan memperbanyak ibadah, seperti sholat, tilawah, dzikir dan amalan lainnya. Serta diharapkan mendapatkan keutamaan malam lailatul qadr.

3. Adzkia with Society

Program ini dilaksanakan oleh siswa SMAIT Adzkia. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara langsung. Adzkia with Society juga adalah salah satu ikhtiar SIT Adzkia dalam menghasilkan generasi yang menjadi agen peubah di masyarakat, serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

4. Adzkia Tilawah

SIT Adzkia mengkhususkan waktu untuk tilawah mandiri ketika bulan Ramadan, yaitu ba’da shalat dzuhur. Tilawah dilaksanakan di kelas masing-masing dan dibersamai oleh guru kelas dan guru qur’an.

5. Bakti Sosial

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, SIT Adzkia dan Adzkia Charity melaksanakan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat sekitar sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama. Dana yang disalurkan berasal dari bantuan siswa, orang tua siswa dan masyarakat umum.

Melalui program "Romadhon Bersama Adzkia", diharapkan para siswa SIT Adzkia dapat merasakan makna Ramadan yang sesungguhnya, yaitu sebagai bulan untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan rasa peduli terhadap sesama.

Program ini juga menjadi ikhtiar SIT Adzkia dalam mendidik generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki akhlak mulia dan kepedulian sosial yang tinggi.

3 views0 comments

Recent Posts

See All

AGAR ANAK CINTA AL-QURAN

Mengenalkan Al-Quran sejak dini sangat penting dilakukan sebelum sulit menyerap ketika beranjak dewasa. Lalu, pembiasaan apa saja yang bisa dilakukan untuk mengenalkan Al-Quran kepada anak? ‌ Dengarka

SOAL BULLYING, KELUARGA HARUS BAGAIMANA?

Bullying, sebuah kata yang membawa luka dan trauma bagi banyak orang. Sebuah tindakan penindasan yang dilakukan untuk mengintimidasi orang lain. Bullying sering kali dilakukan oleh individu yang meras

Comments


bottom of page