Sidang Tertutup Karya Tulis Ilmiah SMAIT Adzkia




Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh


Pemuda adalah cerminan masa depan bangsa. Jika kita ingin melihat bagaimana masa depan sebuah negara, maka lihatkan bagaimana generasi mudanya saat ini. Sebagai salah satu komponen yang berkesempatan besar dalam membentuk mental dan pemikiran pemuda Indonesia saat ini, SMAIT Adzkia senantiasa berusaha menghidupkan program-program yang harapannya dapat meningkatkan kualitas diri para generasi muda. Diantaranya adalah Sidang Karya Tulis Ilmiah, yang pada hari kamis hingga jum’at lalu, baru saja dilaksanakan secara tertutup.

Sidang Karya Tulis Ilmiah (KTI) ini merupakan kegiatan yang setiap tahun selalu di laksanakan oleh SMA IT Adzkia yang harus diikuti oleh seluruh siswa/siswi kelas 12 SMA IT Adzkia sebagai salah satu syarat kelulusannya. Namun baru kali pertama di tahun ini, kegiatan sidang KTI ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, mengingat kondisi saat ini yang masih dalam masa pandemic.

Rangkaian acara sidang KTI ini, diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Ust. Rahmat Taufik, S.Pi selaku kepala Sekolah SMA IT Adzkia. Dalam sambutannya, beliau berpesan bahwa Penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini merupakan langkah awal dalam budaya literasi yang harus selalu dihidupkan dalam pribadi generasi muda Indonesia yang saat ini masih jauh tertinggal dari negara-negara lainnya. Melalui pembiasaan literasi ini, kita akan dibiasakan memiliki keterampilan high order thinking (HOTS) melalui proses berpikir kritis dan kompleks dalam memecahkan suatu permasalahan. Setelah dibuka dengan sambutan, setiap siswa/siswi kemudian melangsungkan sidang KTI secara serentak sesuai jadwal waktu yang telah ditentukan.

Sidang KTI ini dilaksanakan secara tertutup, hanya diikuti oleh peserta sidang dengan dua orang penguji. Dalam penyusunan KTI ini, setiap peserta dibebaskan untuk memilih satu topic permasalahan yang harus dikaji sedetail yang ia bisa. Tak hanya mengenai isu permasalahan teknologi dan sains, tak sedikit pula dari siswa/siswi kelas 12 SMA IT Adzkia yang memilih untuk mengkaji topic-topic seputar sejarah dan sosial budaya, sehingga menambah menarik sesi penyampaian hasil penelitian dalam sidang. Layaknya mahasiswa yang sedang menyajikan hasil penelitiannya, Setiap siswa/siswi kelas 12 SMA IT Adzkiapun terlihat sangat menguasai setiap permasalahan yang dikaji, memaparkan setiap langkah dan hasil uji pustakanya dengan lugas, logis dan ilmiah. Dari seluruh peserta, selanjutnya akan dipilih 10 siswa terbaik yang akan diseleksi lebih lanjut untuk kemudian mengikuti sidang secara terbuka.

Terlepas dari segala keterbatasan yang ada, sebagai lembaga pendidikan, SIT Adzkia senantiasa berharap semoga dengan adanya program ini, Adzkia mampu melahirkan generasi-genarsi yang siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang.


Untuk membaca lebih lanjut : https://www.smaitadzkia.com/2021/01/SidangTertutupKTI.html



2 views

Recent Posts

See All