SIT Adzkia Sukabumi Gelar Masa Orientasi Awal Semester (MOAS)


MOAS Sebagai Pembuka Pembelajaran Tata Muka





Kembali di berlakukannya pembelajaran tatap muka (PTM) pada awal semester dua di tahun 2022 oleh pemerintah telah membawa angin segar dalam dunia pendidikan nasional. Setelah kurang lebih dua tahun lamanya berkutat dengan pembelajaran daring yang menuntut perlunya adaptasi ekstra dari pihak sekolah maupun siswa, akhirnya seiring menurunnya angka penularan virus covid-19 di berbagai daerah di Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknlogi mengeluarkan kebijakan mulai diberlakukannya PTM 100 % bagi sekolah yang memenuhi beberapa syarat serta kriteria yang telah ditetapkan. Namun kebijakan kembali diberlakukannya proses pembelajran tatap muka tersebut juga mengharuskan setiap sekolah untuk mampu merubah kebiasaan belajar daring siswa yang hanya berfokus pada pencapaian akademik serta mengejar berbagai ketertinggalan dari proses pendidikan karakter, pendidikan berbasis pengembangan diri dan mental yang menjadi terhambat selama pembelajaran jarak jauh berlangsung.





Sebagai langkah awal yang dari pembiasaan kembali berbagai rangkaian pendidikan karakter serta pengenalan lingkungan sekolah, Sekolah Islam Terpadu (SIT) Adzkia Sukabumi menggelar acara Masa Orientasi Awal Semester (MOAS) yang telah berlangsung dari Rabu, 19 Januari lalu hingga Jum’at, 21 Januari 2022. Agenda awal semester yang dilaksankan selama 3 hari berturut-turut ini, alhamdulillah dapat berjalan dengan lancar serta direspon baik oleh siswa dan Ayah Bunda.



Kegiatan MOAS di SMPIT At-Tawazun, Surade.


Dengan tetap memerhatikan dan menjaga protokoler kesehatan, agenda Masa Orientasi Awal Semester yang diikuti oleh seluruh siswa/siswi di masing-masing unit SIT Adzkia, yang dilaksanakan dalam 2 sesi kegiatan, dari pukul 07.30 WIB hingga 15.00 WIB tersebut, selain berisi kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yang meliputi gedung sekolah, program kurikulum, guru, teman, fasilitas sekolah serta berbagai kegiatan ekstra kurikuler, dalam agenda MOAS tersebut siswa siswi juga dibekali dengan penanaman dan pembiasaan pendidikan karakter melalui rangkaian agenda character building, upacra bendera, materi di kelas oleh ustadz dan ustadzah hingga seminar sex education berupa dauroh aqil baligh bagi siswa/siswi SMPIT dan SMAIT Adzkia.





Melalui serangkian kegiatan MOAS yang bertujuan memberikan pemahaman kepada Ananda mengenai arti penting dari tujuan serta berbagai proses pendidikan yang harus dijalani olehnya tersebut, diharapkan proses adaptasi Ananda Shalih Shalihah dengan lingkungan sekolah yang baru sebagai sebuah proses yang mutlak yang harus dilewati, dapat berjalan dengan baik sehingga Visi dan Misi sekolah sebagai lembaga pendidikan yang kelak dapat mencetak generasi-generasi terbaik negeri yang unggul dan berkarakter qur’ani dapat terwujud.





Jazakumullahu khairan katsiran, kami ucapkan kepada Ananda Shalih shalihah, Ayah Bunda, Ustadz Ustadzah serta seluruh pihak yang terlibat, sehingga agenda Masa Orientasi Awal Semester SIT Adzkia dapat terlaksana dengan lancar dan penuh kebahagiaan. Semoga pelaksanaan kegiatan pembelajaran tatap muka bagi ananda dapat seterusnya terlaksana dengan aman, nyaman, penuh keberkahan, kemudahan dan kebahagiaan. Aamiin allahumma aamiin.

18 views