Tips and Trick Belajar Daring Anti Pusing





Assalamualaikum Ayah-Bunda, bagaimana weekendnya?? semoga menyenangkan dan selalu diisi oleh kegiatan yang bermanfaat yaa. Proses pembelajaran online yang baru-baru ini menjadi trend pendidikan di era pandemic, semakin hari semakin mengundang beragam reaksi.

Terlepas dari sisi positif dan negative keberlangsungan proses pembelajaran daring yang genap satu tahun sudah dicicipi oleh siswa-siswi taman kanak-kanak hingga kalangan sekelas mahasiswa, selalu diperlukan adanya semangat dan kesiapan yang matang dalam menyambut proses pembelajaran agar kemudian tak membuat cepat bosan bahkan memusingkan.

Nah, bagaimana sih tips and trick jitu agar belajar daring tidak berakhir kepala pening ? Let’s check this out




  1. Ciptakan ruang belajar yang nyaman dan persiapkan peralatan penunjang pembelajaran

Mood yang baik akan sangat mempengaruhi semangat belajar. menciptakan tempat ternyaman untuk belajar akan membuatmu lebih siap dan fokus memulai proses pembelajaran. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran daring.




  1. Mengatur waktu dengan tepat

Atur waktu dengan baik sejak bangun tidur hingga tidur lagi serta seimbangkan antara belajar dan bermain. Dengan mengatur waktu, kamu tidak akan kewalahan dalam mengerjakan segala aktivitas. Jika guru memberkan tugas, segera kerjakan di hari yang sama.




  1. Jadilah proaktif

Menjaga komunikasi selama pemeblajaran virtual dengan guru dan teman sangatah penting, karena dengan terus menjaga komunikasi kita akan tetap bisa mendiskusikan materi pembelajaran yang belum dipahami, bahkan bisa menanyakan kepada guru tentang materi yang belum dimengerti.




  1. Ulang materinya lagi

Hanya menyimak penjelasan guru dan mengerjakan tugas saja terkadang tidak cukup untuk memahami materi pembelajaran. Cara berikut bisa kamu coba untuk benar-benar memahami pelajaran dengan mengulang materinya kembali, seperti dengan menonton video-video pembelajaran online, mendiskusikan materi yang dipelajari dengan teman-teman di group chat, atau membuat rangkuman atau peta konsep materi tersebut yang dapat membantu kamu mengulang kembali materi tersebut di masa depan.




  1. Refreshing dan ciptakan kebiasaan positif

Selama mengisi waktu di sela-sela sekolah daring, kamu bisa menciptakan kebiasaan-kebiasaan positif seperti menyiram tanaman, membersihkan kamar, membaca buku, menulis jurnal, dan melakukan hobi lainnya yang menyenangkan.

Jangan lupa istirahat yang secukupnya, makan makanan yang baik dan menyehatkan, minum air putih minimal delapan gelas sehari, serta jangan lupa untuk bersenang-senang dengan cara melakukan kegiatan produktif dan kebiasaan positif yang kamu sukai.


written by : UK


4 views

Recent Posts

See All