top of page

AGAR ANAK CINTA AL-QURAN

Mengenalkan Al-Quran sejak dini sangat penting dilakukan sebelum sulit menyerap ketika beranjak dewasa. Lalu, pembiasaan apa saja yang bisa dilakukan untuk mengenalkan Al-Quran kepada anak?

  1. Dengarkan anak Al-Quran sejak dini

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah setelah anak lahir, bunda bisa memperdengarkan murrotal ketika sedang dirumah selain agar akrab dengan pelafalannya, memperdengarkan murrotal juga bisa menjadi pengantar tidur anak karena dapat menenangkan dan membuat tidur nyenyak

  1. Menanamkan cinta dan gemar membaca al-Qur’an dalam keluarga

Setelah anak berusia lebih besar, waktu yang tepat untuk mengajarkan mengapa kita harus cinta Al-Quran. Bisa dilakukan dengan pendekatan dengan memberi tau bahwa membaca Al-Quran dapat memberikan ketenangan pada hati, memberikan manfaat yang begitu besar bila diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Memiliki waktu khusus untuk al-Qur’an bersama keluarga

Memiliki waktu khusus untuk membaca al-Qur'an bersama keluarga adalah sebuah kebiasaan yang sangat baik. Selain memperkkuat hubungan keluarga ini menjadi salah satu kegaiatan yang menyenangkan karena seluruh keluarga terlibat.

  1. Bermain sambil belajar al-Qur’an

Bermain sambil belajar al-Qur'an adalah cara yang kreatif dan menyenangkan untuk mengajarkan Al-Quran. Salah satu kegiatanya bisa membuat quiz, membuat kompetisi menghapal quran atau permainan digital. Dengan menggabungkan bermain dengan pembelajaran al-Qur'an, Anak tidak hanya membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan, tetapi juga membangun fondasi yang kuat dalam memahami dan menghargai ajaran agama.

  1. Ajak anak untuk membaca dan menghapal Al-Quran setiap hari walaupun hanya satu ayat

Membiasakan anak untuk membaca dan menghafal Al-Qur'an setiap hari, meskipun hanya beberapa ayat, merupakan langkah penting dalam membentuk kebiasaan positif sejak kecil.

Dengan menerapkan hal-hal tersebut. Dapat membantu anak untuk membiasakan diri membaca dan menghafal Al-Qur'an setiap hari, sehingga mereka dapat tumbuh dengan cinta Al-Quran.

5 views0 comments

Recent Posts

See All

SOAL BULLYING, KELUARGA HARUS BAGAIMANA?

Bullying, sebuah kata yang membawa luka dan trauma bagi banyak orang. Sebuah tindakan penindasan yang dilakukan untuk mengintimidasi orang lain. Bullying sering kali dilakukan oleh individu yang meras

Comments


bottom of page