Sambut Ramadhan, SIT Adzkia Sukabumi Gelar Wisuda Tahfidz Qur’an dan Tarhib Ramadhan 1442 H.




Al-Qur’an dan Ramadhan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Bulan ramadhan yang penuh keberkahan menjadi teramat mulia karena pada bulan ini terjadi peristiwa paling bersejarah bagi seluruh umat muslim di seluruh belahan dunia. Tepat pada hari ke 17 Ramadhan, Nabi Muhammad SAW., yang saat itu tengah berdiam diri di sebuah gua, menerima wahyu Allah, berupa ayat-ayat Al-Qur’an melalui malaikat paling gagah perkasa.


Dengan tujuan menumbuhkan semangat menyambut datangnya bulan ramadhan dengan kemuliaan Al-Qur’an, sebagai sekolah islam yang mengedapankan internalisasi Al-Qur’an di setiap nafas program pembelajarannya, dalam rangka menyambut bulan ramadhan 1442 H, SIT Adzkia bekerja sama dengan DT Peduli Sukabumi dan didukung oleh Wardah Cosmetic, telah mengadakan acara tarhib ramadhan yang bersamaan dengan moment wisuda tahfidz Qur’an.






Pada minggu, 11 April 2021 lalu, SIT Adzkia melalui rangkaian acara wisuda tahfidz qur’an angkatan VIII yang digelar secara virtual tersebut, telah meluluskan sebanyak 995 peserta ahlul qur’an yang juga merupakan siswa-siswi SIT Adzkia. Meskipun digelar secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live youtube, kegiatan wisuda tahfidz qur’an tersebut berlangsung dengan khidmat.


Ustadzah Heti Mianawati, S.Pd. selaku manager pendidikan SIT Adzkia, selain menyampaikan sambutannya pada awal acara, juga menjadi pemandu prosesi wisuda tahfidz qur’an Adzkia angkatan ke VIII ini. Sebanyak 995 ahlul qur’an telah secara resmi diluluskan pada moment wisuda ini.





Dalam rangkaian acara wisuda tahfidz qur’an yang terbatas hanya diikuti oleh peserta wisudawan didampingi orang tuanya ini, selain moment wisuda, terdapat juga kegiatan uji kompetensi hafalan dari peserta dengan jumlah hafalan terbanyak yang akan di uji kekuatan hafalannya secara langsung oleh beberapa tokoh ustadz ustadzah yang luar biasa pengalamannya bersama Al-Qur’an, yaitu Ustadz Beni Gondala, Ustadzah Siti Rohilah serta Ustadz Syahid Dzulhijjah. Selain itu, terdapat pula moment persembahan hafalan dari seluruh peserta kepada orangtuanya masing-masing.




Pada acara wisuda tahfidz qur’an yang berlangsung dari pukul 7 lebih 20 menit ini, Bapak Dr. Unin Nibi Saputra, M.Pd. selaku perwakilan dari orang tua wisudawan berkesempatan menyampaikan sambutan dan apresiasinya kepada seluruh wisudawan dan orang tuanya juga kepada SIT Adzkia yang dengan formulasi pendidikan qur’annya yang dirasa efektif telah berhasil menjaga dan menumbuhkan semangat menghafal Qur’an kepada seluruh siswa-siswinya.


Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian mauidzoh hasanah sekaligus sebagai moment tarhib ramadhan oleh Ustadz Hilmi Firdausi. Dengan dimoderatori oleh Hasan Al-Bana, kegiatan tarhib ramadhan ini selain diikuti oleh peserta wisudawan tahfidz qur’an melalui aplikasi zoom meeting, juga diikuti secara live melalui akun SIT Adzkia Youtube channel oleh seluruh civitas akademika dan keluarga besar SIT Adzkia.


Dengan mengusung tema “Persiapkan Diri Menyambut Ramadhan Suci”, acara tarhib ramadhan yang berlangsung dari pukul 10.15 WIB hingga pukul 11.30 WIB ini, berjalan dengan seru dan hangat. Melalui penyampaiannya yang interaktif dan menyenangkan, Ustadz Hilmi Firdausi menyampaikan materi mengenai hal-hal apa saja yang harus kita ketahui dan siapkan untuk menyambut ramadhan yang akan segera menjelang.


Seluruh rangkaian acara wisuda tahfidz qur’an dan tarhib ramadhan 1442 H ini kemudian ditutup dengan penyampaian doorprize menarik dari Wardah cosmetic dan informasi penting dari program Semarak Ramadhan Adzkia oleh Adzkia Charity, yang menawarkan serangkaian sedekah menu ramadhan kareem untuk seluruh peserta yang ingin mempercayakan infak sedekah ramadhannya bersama Adzkia Charity.


Melalui rangkaian acara besar tersebut, semoga kita semua dapat lebih memantapkan persiapan diri untuk memasuki bulan suci ramadhan dengan kelapangan hati dan kemuliaan cahaya Al-Qur’an, sehingga kita semua dapat menjadi sebenar-benarnya manusia yang bertaqwa di sisi Allah subhanahu wata’ala. Aamiin allahumma aamiin..


Tonton Rekaman Acara Wisuda Qur’an dan Tarhib Ramadhan 2021 :


  • U.K -






1 view

Recent Posts

See All