SDIT Adzkia Goes to Bukit Baros dan SMK Pertanian Sukaraja




Program Pembelajaran Obsevasi SIT Adzkia


Masa kanak-kanak adalah masa dimana seorang individu akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan secara pesat yang sangat mempengaruhi perkembangannya di fase kehidupan selanjutnya. Maka pada masa ini, optimalisasi peran pendidikan serta berbagai internalisasi nilai-nilai karakter sangatlah penting untuk dilakukan. Optimalisasi pendidikan bagi anak tidaklah cukup hanya dengan pelaksanaan kegiatan belajar - mengajar yang terbatas di dalam ruang kelas. Diperlukan adanya pembelajaran melalui pengalaman di luar kelas atau observasi lapangan, agar anak dapat lebih mudah dan secara utuh memahami sebuah konsep pembelajaran.


Seiring dengan mulai diberlakukannya pembelajaran offline bertahap, sebagai salah satu upaya mengoptimalkan rangkaian proses pembelajaran, alhamdulillah, SIT Adzkia telah kembali menggelar program pembelajaran observasi lapangan yang dilaksanakan di setiap unit SDIT Adzkia. Melalui pembelajaran observasi lapangan ini, setiap siswa diharapkan dapat mengkonstruksi pemahamannya sendiri dengan maksimal melalui serangkaian proses observasi, mengklarifikasi, menyimpulkan, memahami, mendeskripsikan, mengevaluasi, membandingkan hingga mampu menganalisis sebuah permasalahan sederhana dari materi pembelajaran. Dengan kegiatan observasi lapangan ini, setiap siswa juga diharapkan dapat mulai mampu mengasah kemampuan berpikir kritisnya dalam memahami sebuah rangkaian proses pembelajaran secara aktif, mandiri dan menyenangkan.


Pada awal semester genap ini, siswa-siswi kelas 1 dan 2 SD di setiap unit SIT Adzkia, telah melaksanakan kegiatan observasi lapangan yang bertempat di SMK Pertanian Sukaraja dan Agrowisata Bukit Baros Kota Sukabumi. Dalam kegiatan observasi lapangan di SMK Pertanian Sukaraja yang telh dilaksanakan pada tanggal 09 Februari lalu, siswa dan siswi kelas 1 SDIT Adzkia diberikan kesempatan untuk mengalami secara langsung bagaimana proses membuat makanan khususnya roti. Selain itu, dalam kegiatan observasi tersebut juga terdapat beberapa agenda seru lainnya, seperti fun games, praktek menanam buah strawberry, naik traktor hingga kegiatan memanen sayuran.





Tak kalah menyenangkan dari Observasi lapangan kelas 1, siswa-siswi kelas 2 di setiap unit SDIT Adzkia, pada tanggal 2, 6 dan 15 Februari juga telah melaksanakan kegiatan observasi lapangan yang bertempat di Agrowisata Bukit Baros Kota Sukabumi. Pada kegiatan observasi tersebut, setiap siswa berkesempatan untuk menyaksikan dan mempelajari secara langsung proses pembuatan yoghurt. Selain itu, setiap siswa juga berkesempatan untuk berkunjung ke pabrik pembuatan keju, bercocok tanam, memberi makan ternak, berkeliling di area bukit baros yang meliputi kandang sapi dan kebun kopi serta mengikuti agenda fun games di area play ground.


Alhamdulillah meskipun masih dalam suasana pandemi covid-19 yang belum seutuhnya pulih, dengan tetap menjaga protokoler kesehatan, agenda observasi lapangan kelas 1 dan 2 SDIT Adzkia dapat terlaksana dengan aman, menyenangkan dan penuh dengan kegiatan-kegiatan mengasyikkan. Selain untuk memberikan pengalaman belajar yang utuh dan optimal, SIT Adzkia berharap melalui agenda observasi tersebut, setiap siswa dan siswi dapat lebih mensyukuri setiap kenikmatan yang telah Alla SWT. beri, dengan semakin menghargai lingkungan serta semua makhluk ciptaan-Nya. Aamiin allahumma aamiin.


Terima kasih juga senantiasa kami haturkan kepada Ayah Bunda, Ananda Shalih Shlihah, Ustadz Ustadzah, serta semua panitia dan pihak yang telah dilibatkan sehingga agenda observasi lapangan ini dapat terselenggara dengan lancar, penuh kebahagiaan dan semoga penuh keberkahan.


Sampai berjumpa kembali di petualangan-petualangan seru lainnya, shalih shalihah. Tetap semangat dan jaga kesehatan ya!


-Written by U.K-


31 views

Recent Posts

See All