SILATURAHIM ORANGTUA SISWA ADZKIA (SDIT, SMPIT dan SMAIT)


Pada setiap Lembaga pertemuan orangtua siswa dengan pihak sekolah merupakan agenda penting yang bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan Lembaga tersebut,seperti perkembangan anak,pengenalan sekolah dan lain sebagainya. Ada yang berbeda dengan acara silaturahmi orangtua Adzkia, pertemuan tersebut dilaksanakan tiga hari berturut-turut sesuai grade. Senin, 25 Juli 2022 merupakan pertemuan orangtua seluruh SDIT. Sedangkan SMP dilaksanakan pada selasa, 26 Juli 2022 dan SMA rabu,27 juli 2022. Semua dilaksanakan di aula rapat unit masing-masing. Tidak hanya penyampaian informasi tetapi terdapat agenda MOAS orangtua yang bertujuan untuk pengenalan apa itu Adzkia. Pengenalan ini bertujuan untuk pengetahuan Ayah dan Bunda tentang sekolah anandanya.


Pada acara silaturahmi orangtua di SDIT Adzkia 1 dilalakukan chdck in peserta oleh para panitia yang tidak lain adalah para ustadz/ah SDIT Adzkia pada pukul 13.00 WIB. Para orangtua berdatangan dan acara mulai yang dipandu oleh Ustadzah Rina Yuniawati,S.Pd. Aula rapat tampak penuh oleh para orangtua yang hadir,kurang lebih sekitar 140 orang. Acara dilanjutkan dengan lantunan ayat suci al-qur’an yang dibawakan oleh Ananda Azam dari kelas 6c dengan membawakan surat al-mursalat, berkat suara merdunya semua terbius dan merasa tentram. Dilanjutkan dengan acara berikutnya yaitu sambutan sekaligus pemaparan pengenalan Adzkia oleh Kepala Sekolah SDIT Adzkia 1 Ustadzah Mimin Karmila,S.Pi. Diterangkannya bagaimana progress Adzkia selama 20 tahun berdiri dan berbagai prestasi yang telah ditoreh oleh siswa/i Adzkia. Pencapaian para hafidz/ah yang telah berhasil menghafal al-qur’an dan telah mendapat beasiswa bupati Sukabumi.



Setelah pemaparan yang detail oleh Kepsek SDIT adzkia ,dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua tentang program dan kegiatan SIT adzkia kedepan,even- even besar dan apa saja yang harus Ayah Bunda tahu untuk mempersiapkan Ananda. Penyampaian materi ini disampaikan langsung oleh Ustadzah Rina Yuniawati,S.Pd secara jelas dan tegas. Sebagai bentuk apresiasi kepada Ananda SDIT para pemenang dalam acara Got Talent Kembali ditampilkan pada acara silaturahim tersebut langsung didepan orangtua mereka. Kemampuan yang sangat beragam ,mulai dari menyanyi, membaca puisi, story telling dan lain sebagainya. Para orangtua sangat antusias dalam menyaksikan penampilan Ananda tersebut.


Karena dimulainya Tahun Ajaran Baru ,tentu saja ada upgrade para wali kelas,pembagian wali kelas dilaksanakan langsung saat rapat. Tugas wali kelas sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2018. wali kelas merupakan tugas tambahan yang dibebankan kepada guru di sekolah. Ketentuan ini termuat dalam Pasal 6. Selain wali kelas, pada pasal tersebut juga menyebutkan tugas tambahan lainnya, seperti tugas pembina OSIS, pembina ekstrakurikuler, guru piket, dan penilai kerja guru. Di samping itu, masih ada tugas lainnya, seperti ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP-P1), pengurus organisasi/asosiasi guru, koordinator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)/Penilaian Kinerja Guru (PKG) atau koordinator Bursa Kerja Khusus (BKK), dan menjadi tutor pada pendidikan jarak jauh pendidikan dasar dan menengah.


Jadi, memang Permendikbud No. 15 Tahun 2018 ini memuat ketentuan tugas tambahan untuk guru. Namun, pembahasan kali ini hanya berfokus pada tugas seorang wali kelas saja. Wali kelas adalah seorang guru seperti pada umumnya yang memiliki tanggung jawab untuk mengajar sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Hanya saja, guru tersebut dipercaya akan kemampuannya sehingga diberi tanggung jawab lebih untuk mengelola suatu kelas. Secara umum, pengelolaan tersebut meliputi urusan administrasi, membimbing sekaligus memonitoring perilaku siswa, dan berkomunikasi dengan wali murid. Kemudian untuk rincian tugasnya sudah ditetapkan oleh Permendikbud No. 15 Tahun 2018. Adapun tugas seorang wali kelas antara lain:


· Mengelola kelas yang menjadi tanggung jawabnya.

· Berinteraksi dengan orang tua/wali peserta didik.

· Menyelenggarakan administrasi kelas.

· Menyusun dan melaporkan kemajuan belajar peserta didik.

· Membuat catatan khusus tentang peserta didik.

· Mencatat mutasi peserta didik.

· Mengisi dan membagi buku laporan penilaian hasil belajar.

· Melaksanakan tugas lainnya yang berkaitan dengan kewalikelasan.

· Menyusun laporan tugas sebagai wali kelas kepada kepala sekolah.

· Mengetahui tugas pokoknya, yakni mewakili orang tua dan kepsek dalam lingkungan kelas, membina kepribadian dan budi pekerti siswa, serta membantu pengembangan kecerdasan dan kepemimpinan siswa.

· Mengetahui nama, identitas, dan jumlah anak didik di kelasnya.

· Mengetahui kehadiran siswa di kelas setiap harinya, yang kemudian dilaporkan pada kepsek di akhir pekan sebagai evaluasi rapat majelis guru agar pembelajaran di kelas berjalan dengan baik.

· Mengetahui masalah yang dialami oleh anak didiknya, seperti masalah dalam belajar, perekonomian, dan sosial, yang kemudian juga dilaporkan ke kepsek dan guru BK untuk mendefinisikan masalah sebenarnya.

· Menilai anak didiknya di kelas, meliputi kelakukan, kerajinan, dan kerapihan dengan menggunakan buku catatan tertentu yang sudah disepakati bersama.


Silaturahmi orangtua Adzkia tujuan utamanya adalah agar dapat mencapai target yaitu melahirkan generasi yang unggul dan berkarakter qurani , tentunya peran orangtua juga sangat penting terhadap pembentukan karakter pada anak tidak hanya disekolah saja. Jadi para guru saling berkesinambungan dengan para orantua untuk mewujudkan siswa/i Adzkia generasi unggul dan berkarakter qurani.

157 views