top of page

SIT Adzkia Sukabumi Khatam Al-Qur’an Dalam Menyambut Ramadhan 1444 H


Jum’at, 24 Februari 2023 seluruh unit SIT Adzkia Sukabumi melaksanakan Khotmil Qur’an, kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dan di gelar di setiap unit masing-masing. Ananda telah menyelesaikan bacaan al-qur’annya kemudian khatam secara bersamaan. Acara berlangsung dengan khidmat dan penuh haru. Tidak hanya para siswa dan ustadz/ah,namun para otangtua juga turut hadir mengikuti acara dengan berharap keberkahan al qur’an.

Dengan bernuansa putih, pakaian yang digunakan oleh Ananda ,ustadz/ah dan orangtua seolah melambangkan kesucian al qur’an yang sangat agung. Adzkia telah menjadikan al qur’an sebagai ruh dan nafas yang sangat erat tak bisa terpisahkan , sehingga menjadikan setiap element yang berada di Adzkia senantiasa dekat dengan al qur’an. Hati menjadi tenang, aktifitas pun bertambah semangat ketika ada jaminan dari pihak yang dituju dalam berbuat sesuatu. Betapa semangatnya seorang pekerja ketika sang majikan menjanjikan dan menjamin bahwa upahnya agar dibayar tepat waktu,dan bagi yang terbaik pekerjaannya akan mendapatkan bonus yang sangat menarik. Seorang muslim seharus lebih bersemangat lagi ketika pihak yang menjanjikan dan menjamin adalah Allah Swt,Dzat yang tidak pernah mengingkari janji-Nya. Dzat Yang Maha Adil yang tidak pernah berbuat dzalim sedikit pun kepada hamba dan makhuk-Nya. Dzat Yang pasti akan menepati seluruh janji-Nya diminta maupun tidak.


Al Qur’an sebagai kitab suci pedoman orang beriman mengandung banyak janji dan jaminan terhadap siapa saja yang mau mengikutinya. Hampir semua ibadah yang dilakukan telah Allah Swt sertakan dengan janji dan jaminan pahalanya. Begitu pemurahnya Allah Swt terhadap hamba-Nya. Ibadah yang menjadi kewajiban hamba dan hak-Nya tetap akan diberikan balasan yang luar biasa. Semua ibadah yang manusia lakukan pada hakikatnya untuk keselamatan dan kebahagiaan dirinya sendiri,karena Allah Swt tidak membutuhkan sedikit pun dari ibadah tersebut. Allah Swt hanya ingin mengetahui sejauh mana ketaatan hamba tersebut. Sudah sedekat apa nih Sahabat Adzkia bersama Al -Qur'an ⁉️

Kitab suci Al-Quran adalah kitab suci yang memiliki kemuliaan yang berisi tentang petunjuk kehidupan, pengarah langkah, pijakan setiap amal, tolok ukur, serta barometer dalam segala hal. Petujuk Al-Quran digaransi “terjamin” kesempurnaannya dan terjaga kemurniannya. "Allah memberikan jaminan bagi orang yang membaca Al-Qur'an untuk mereka tidak akan tersesat di dunia dan tidak akan celaka di akhirat. "

Lalu Ibnu Abbas membaca ayat. "Barangsiapa mengikuti petunjuk-Ku (Al-Qur'an), ia tidak akan tersesat dan celaka." (QS. Thaha:123).

Sudah berapa kali khotam Al Qur'an nya sahabat Adzkia ?

10 views

Recent Posts

See All
bottom of page