Webinar Parenting Online : Orang Tua Penghantar Kesuksesan Anak



Anak merupakan karunia tak ternlai dari Allah SWT. Maka sudah seharusnya, orang tua, sebagai yang Allah titipi amanah besar tersebut, harus senantiasa mensyukuri, mendidik dan membina anak-anaknya agar menjadi orang yang baik, berkepribadian yang kuat dan berakhlak terpuji.


Setiap anak memiliki perbedaan dalam bakat, minat, kecakapan, cita-cita, sikap dan pandangan hidup. Hal inilah yang menimbulkan adanya berbagai perbedaan anak yang satu dengan yang lainnya. Adanya perbedaan itu dilatarbelakangi oleh bagaimana orang tua mengasuh anak-anaknya di rumah. Karena orang tua adalah guru pertama dan utama bagi anak. Memang tidak ada orang tua yang sempurna, terdapat berbagai macam kekurangan dan keterbatasan dalam proses mendidik buah hati tersayang agar dapat tumbuh sesuai harapan. Maka sebagai salah satu upaya untuk dapat mmenghantarkan anak menuju keberhasilannya, sebagai orang tua kita perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin.




Webinar Parenting Online yang telah dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 20 Februari lalu merupakan salah satu bentuk upaya memaksimalkan persiapan diri menjadi orang tua terbaik dengan sebanyak-banyaknya memperdalam ilmu parenting. Karena mendiidik anak bukankah sebuah perkara mudah. Dibutuhkan pemahaman mendalam tetang bagaimana seharusnya seorang ibu dan ayah itu bersikap.Diprakarsai oleh beberapa orang bunda-bunda luar biasa yang tergabung daltam himpunan FORIKSIMA, sebagai pewakilan komite dari setiap unit SIT Adzkia di beberapa daerah.





Webinar parenting online dengan tema “Orang tua Penghantar Kesuksesan Anak” ini telah diikuti oleh lebih dari 3000 orang partisipan. Acara tersebut dilangsung secara virtual melalui zoom meeting dan ditayangkan secara live pada channel youtube SIT Adzkia. Rangkaian acara webinar dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ananda Nabila, yang juga merupakan siswa SMAIT Adzkia. Setelah itu, selaku ketua dari himpunan FORIKSIMA, Bunda Yuliana kemudian menyampaikan sabutannya. Dalam sambutannya Bunda Yuli menjelaskan bahwa tanggung jawab orang tua bukanlah hanya sekedar mendidik dan mengarahkan anak, namun sebagai orang tua, kita juga berkewajiban untuk menghantarkan anak menuju kesuksesan dunia hingga akhiratnya.


Pendaftaran Siswa Baru SIT Adzkia Gel.2 hingga 6 Maret 2021, Daftar Sekarang!.



Sebagai pemateri, himpunan FORIKSIMA telah menghadirkan sosok pemateri yang sangat concern pada bidang psikologi klinis, yaitu Bapak Joko Krisitiyanto, S.Sos., M.Psi., PhD. Pak Joko telah menyelesaikan studinya mengenai Psikologi Klinis Forensik Aukland di UniversityNew Zeeland. Selain sedang bertugas sebagai konsultan psikologi klinis, Pak Joko juga pernah dinobatkan sebagai duta perlindungan anak UNICEF untuk wilayah asia pada tahun 2012-2013.





Dengan dimoderatori oleh Bunda Anggi, dalam webinar parenting online ini, Pak Joko memulai pembahasan dengan mengajak mendefinisakan ulang mengenai definisi sukses itu sendiri. Menurut beliau, definisi mengenai kesuksesan yang dimiliki oleh orang tua dan anaknya haruslah sejalan seiringan.Pak Joko juga kemudian mmenjelaskan bahwan sebagai orang tua, kita tidak sebaiknya menambah beban anak dengan berbagai ambisi yang kita inginkan.


Dalam kesempatan webinar parenting online yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 tersebut, Pak Joko mengungkapkan beberapa hal penting yang harus dimiliki orang tua sebagai teladan bagi anak-anaknya, diantaranya :

  1. Orang tua sebagai pendidik utama dan pertama

  2. Menjamin rezeki yang halal sebagai factor yang memengaruhi pertumbuhan anak

  3. Pentingnya menciptakan waktu yang berkualitas saat sedang berkumpul bersama keluarga

  4. Membangun disiplin anak sedari awal

  5. Memberikan kasih sayang dan berkomunikasi sesuai dengan tingkatan usia dan masa pertumbuhannya

  6. Memberikan kesempatan pada anak untuk menjadi dirinya sendiri

  7. Senantiasa melangitkan do’a terbaik untuk anak.


Selain hal-hal penting tersebut, Pak Joko juga menjelaskan terdapat beberapa prinsip yang harus diketahui oleh Ayah dan Bunda agar dapat menjadi orang tua bijak yang menjadi tauladan anak, diantara adalah :

  • Belajar menghargai dan mendengarkan pendapat anak

  • Selalu gunakan kata-kata dan kalimat positif

  • Berikan tauladan bagaimana kita dapat bersikap baik termasuk pada orang lain yang memberikan perlakuan kurang baik kepada diri kita

  • Jangan sekali-kali mempermalukan anak dengan membeberkan hal-hal kurang baik yang ada pada dirinya kepada orang lain.


Meskipun kegiatan webinar tersebut berlangsung selama lebih dari 2 jam, tetapi seluruh partisipan terlihat sangat tertarik dengan materi yang dibahas, sehingga sesi diskusi yang berlangsung setelah pemaparan materipun berlangsung hangat dan berkesan.


Sebagai pengatur acara, Bunda Tati menyimpulkan bahwa dengan mengikuti pembahsan pada webinar parenting ini, sebagai orang tua, benarlah kita juga harus memiliki kaidah pendidikan dengan karakter dan adab yang baik, Jangan hanya menuntut anak untuk harus selalu berprilaku baik dan cerdas. Bunda Tati juga menyimpulkan bahwa ternyata dari awal kita harus mempunyai frekuensi serta tujuan atau goals setting yang sama dengan anak. Kemudain akhirnya acara ditutup dengan pembacaan do’a bersama.


Ayah dan Bunda, Mendidik bukan hanya sekedar mengenai bagaimana cara memerikan perintah ini dan itu kpeada anak, tetapi mendidik adalah seni mengenai bagaimana menymapaikan pesan dari hati agar Kembali sampai pada hati. Untuk pemaparan lebih lengkap mengenai bagaimana peran oarng tua dalam menghantarkan anak pada kesuksesannya, dapat Kembali disimak pada file power point yang telah disertakan dalam postingan ini yaa bund. Atau ayah dan bunda juga dapat Kembali menyimak keberangsungan webinar parenting tersebut melalui channel youtube SIT Adzkia.




Download file presentasi Webinar Parenting Online - klik dibawah


ADZKIA
.pptx
Download PPTX • 9.00MB

Terima kasih, semoga bermanfaat. 😊


SIT Adzkia

Sekolah Kehidupanku, Berkarakter Qur'ani

Facebook : SIT Adzkia Sukabumi

Instagram : @sitadzkia

Youtube : SIT Adzkia Sukabumi

WhatsApp : +62 857-9792-9820


Pendaftaran Siswa Baru SIT Adzkia Gel.2 hingga 6 Maret 2021, Daftar Sekarang!.


15 views

Recent Posts

See All